Miris, Nenek Sebatang Kara di Pematangsiantar Andalkan Air Hujan untuk Minum

Dharma Setiawan ยท Rabu, 19 Agustus 2020 - 09:23 WIB
Miris, Nenek Sebatang Kara di Pematangsiantar Andalkan Air Hujan untuk Minum
Rumah Rosmawati di Kelurahan Tambun Timur, Pematangsiantar, Sumut (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id - Tinggal sebatang kara, nenek di Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) hidup dalam keterbatasan. Bahkan, untuk minum dia mengandalkan air hujan.

Nenek itu bernama Rosmawati Boru Tamba (60). Dia tinggal di sebuah rumah yang tidak layak huni di Kelurahan Tambun Timur, Pematangsiantar.

Rosmawati tak lagi bisa berjalan usai kecelakaan sepulang berdagang. Dia hanya bisa duduk di sebuah ranjang kecil dalam rumahnya.

Untuk keperluan sehari-hari dia meminta bantuan kepada orang yang lewat. Sesekali jika tidak ada bantuan makan atau air minum, lansia itu harus mengandalkan air hujan untuk mandi dan minum.

Wanita yang ditinggal anak dan suaminya hanya mengharapkan bantuan dari dermawan yang lewat.

"Saya ada anak dua, laki-laki sama perempuan. Tapi itu sudah tak ada lagi (bantu)," kata Rosmawati.

Mendengar informasi tersebut, dinas sosial langsung memberikan pelayanan kepada Rosmawati. Pemerintah kota sudah mengurus surat kependudukan dan kepesertaan BPJS Kesehatan agar lansia ini bisa dibawa berobat.

"Minggu lalu kami dapat informasi dari kelurahan. Saya langsung jemput bola. Kondisinya memang sangat prihatin. Kita dinsos memang nmengurus orang miskin," kata Kabid Dinsos Pematangsiantar, Risbon Sinaga.


Editor : Nani Suherni