MNC Peduli Gelar Operasi Katarak Gratis di Pematangsiantar

Dony Aprian ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 23:09:00 WIB
MNC Peduli Gelar Operasi Katarak Gratis di Pematangsiantar
MNC Peduli bersama RS Mata Siantar dan warga prasejahtera yang menjalani operasi katarak gratis. (Foto: dok iNews)

PEMATANGSIANTAR, iNews.idMNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih menggelar operasi katarak atau pterigium gratis bagi masyarakat prasejahtera yang membutuhkan di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), dan daerah sekitarnya. Misi kemanusiaan itu diselenggarakan MNC Peduli bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Mata Siantar.

Kegiatan itu merupakan wujud kepedulian sosial sekaligus melanjutkan aksi serupa yang rutin diadakan MNC Peduli di berbagai kota di Indonesia. Peserta operasi yang mendaftar pengobatan gratis berasal dari Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, dan sekitarnya, seperti daerah Gunung Malingas, Bosar Malingas, Gunung Malela, dan Padangsidempuan.

Dalam sambutan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo yang disampaikan Ketua Harian MNC Peduli, Syafril Nasution mengatakan, kegiatan baksos diperuntukkan bagi masyarakat prasejahtera yang belum atau tidak memiliki jaminan kesehatan dari pihak manapun.

“Kami berharap para pasien bisa menjalani operasi dengan baik dan lancar sehingga setelah operasi dapat menjalankan aktivitas sehari-hari lebih baik lagi,” kata Syafril, Rabu (9/5/2018).

Sepanjang tahun 2018, bantuan MNC Peduli yang berkerja sama  dengan Yayasan Jalinan Kasih antara lain, baksos katarak di Jember, Jawa Timur, baksos hernia di Gombong, Jawa Tengah, bantuan kaki palsu dan alat bantu dengar untuk masyarakat Lebak, Banten, baksos operasi bibir sumbing di Tasikmalaya, dan operasi hernia regular di Sukabumi, Jawa Barat.

“Dalam waktu dekat ini, kami sudah menyiapkan agenda baksos lainnya. Yakni baksos katarak di Medan, baksos bibir sumbing di Gombong, Jawa Tengah dan di Purwakarta, Jawa Barat,” tuturnya.

Sementara itu, Manajemen RS Mata Siantar, Pinaria Mulia mengapresiasi kegiatan operasi katarak tersebut. Menurut dia, kegiatan baksos ini sangat positif dan mendukung sepenuhnya, serta berterima kasih atas kerja sama dengan MNC Peduli.

“Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut dan tidak hanya sampai di sini saja. Kami masih membuka kerja sama untuk aksi sosial ini dan membuka pendaftaran operasi katarak terbuka hingga akhir Mei 2018,” kata Mulia.

Dia mengungkapkan, kegiatan operasi katarak sangat membantu masyarakat, terutama bagi yang membutuhkan. “Karena mata adalah jendela untuk melihat dunia yang harus dijaga. Oleh karena itu, mari kita periksakan mata sejak dini di RS Mata Siantar,” tuturnya.

Sebagai informasi, hingga April  2018, sekitar  kurang lebih 700.000 pasien reguler dan nonreguler telah dibantu oleh MNC Peduli. Baik dalam bentuk bantuan operasi maupun pemberian alat bantu kesehatan, seperti kaki palsu, alat bantu dengar, kacamata belajar, dan alat bantu kesehatan lainnya.

MNC Peduli juga mengajak masyarakat luas untuk turut berpartisipasi meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Bantuan dapat disampaikan ke nomor rekening di MNC Bank 100-01-00000-9851-5, Mandiri 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119, seluruhnya atas nama Yayasan Jalinan Kasih.

MNC Peduli juga membuka pintu dan mempersilakan masyarakat mengajukan permohonan bantuan pengobatan atau alat bantu kesehatan dengan menghubungi nomor telepon 021-3983-6962, 021-3909-103, 021-3912-013 atau membuka Fanspage di Facebook dengan akun Yayasan Jalinan Kasih.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: