Ombudsman RI Perwakilan Sumut Buka Nomor Pengaduan Covid-19

Stepanus Purba ยท Rabu, 29 April 2020 - 17:21 WIB
Ombudsman RI Perwakilan Sumut Buka Nomor Pengaduan Covid-19
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar (Foto: dokumen iNews)

MEDAN, iNews.id - Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) membuka nomor pengaduan terkait bantuan Covid-19. Nomor pengaduan ini dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan dugaan praktik kecurangan pemberian bantuan kepada masyarakat di masa pandemi virus corona.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar mengatakan, masyarakat dapat mengadu ke nomor 0811-945-3737. Melalui nomor tersebut, masyarakat dapat melaporkan lima bidang layanan pemerintah, yakni jaring pengaman sosial (JPS), layanan kesehatan, layanan keuangan, transportasi dan layanan keamanan.

“Jadi, Posko Pengaduan Daring (online) ini merupakan saluran bagi warga terdampak wabah Covid-19. Nomor ini untuk melaporkan lima bidang layanan pemerintah,” kata Abyadi Siregar, Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, semua laporan yang masuk melalui nomor pengaduan nantinya akan di-verifikasi. Untuk itu, Abyadi meminta para pelapor untuk mencantumkan identitas secara lengkap.

"Seluruh laporan yang masuk akan di-validasi untuk melihat kelengkapan persyaratannya. Laporan yang diterima akan ditindaklanjuti. Sementara laporan yang tidak memenuhi syarat akan ditolak," ucapnya.

Abyadi berharap, dengan adanya saluran pengaduan, warga dapat segera melapor jika ada kecurangan khususnya berkaitan bantuan terkait Covid-19.


Editor : Stepanus Purba