Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Dempet Perut Adam dan Malik Digelar 23 Juli

Stepanus Purba ยท Senin, 15 Juli 2019 - 15:50 WIB
Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Dempet Perut Adam dan Malik Digelar 23 Juli
Suasana konferensi pers jelang operasi bayi kembar siam dempet perut Adam dan Malik di RSUP H Adam Malik, Medan, Sumut, Senin (15/7/2019). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – RSU Pusat H Adam Malik Medan telah menjadwalkan operasi pemisahan bayi kembar siam dempet perut asal Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), pada 23 Juli 2019 mendatang. Rumah sakit sudah membentuk tim dokter dari berbagai keahlian untuk operasi pemisahan bayi bernama Adam dan Malik itu.

Ketua tim dokter penanganan Adam dan Malik, Guslihan Dasa Tjipta mengatakan, dari hasil observasi tim dokter, dapat dipastikan pembuluh darah utama yang sempat terpantau menempel di hati bayi kembar itu ternyata tidak menyatu. Karena itu, tidak ada hal yang dikhawatirkan dalam operasi pemisahan nanti.

“Awalnya, tim dokter sempat mengkhawatirkan adanya pembuluh darah yang menyeberang antartubuh bayi. Pembuluh darah itu terpantau di hati mereka yang menempel, tapi ternyata tidak menyatu,” kata Guslihan di Medan, Senin (15/7/2019).


Guslihan mengatakan, proses operasi pemisahan Adam dan Malik nanti akan diawali operasi oleh tim dokter bedah plastik. Setelah itu, tim dokter bedah anak akan memeriksa kondisi organ-organ dalam untuk proses operasi pemisahan bayi.

Dia juga mengungkapkan, hingga saat ini kedua bayi kembar siam dalam kondisi baik. Berat keduanya mencapai 17 kilogram (kg) dan tinggi badan 65 sentimeter (cm). “Kami berharap kondisi ini terus terjaga hingga waktu pelaksanaan operasi nanti,” ujarnya.

Diketahui, bayi Adam dan Malik lahir di RSUD Kota Sibolga pada 22 November 2018 lalu. Namun, melihat kondisi kedua anak dan keterbatasan fasilitas, rumah sakit itu kemudian merujuk Adam dan Malik ke RSUP H Adam Malik untuk mendapatkan perawatan intensif.


Editor : Maria Christina