Oplos Gas Elpiji, Pemilik Agen di Deli Serdang Diamankan Polisi

Stepanus Purba ยท Senin, 14 Januari 2019 - 17:39 WIB
Oplos Gas Elpiji, Pemilik Agen di Deli Serdang Diamankan Polisi
Polisi mengamankan puluhan tabung gas elpiji. (Foto: iNews/Stepanus Purba).

MEDAN, iNews.id - Aksi R (34) warga Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), mengoplos tabung gas elpiji ukuran 3 dan 12 kilogram berhasil terungkap. Masyarakat yang resah atas ulah tersangka R akhirnya melaporkan ke polisi.

Kapolsek Medan Labuhan, Kota Medan, Kompol Rosyid Hartanto, mengatakan R merupakan pengusaha yang memiliki agen tabung gas elpiji. Tersangka, kata dia, telah mengoplos tabung gas tiga kilogram yang seharusnya untuk kebutuhan masyarakat tak mampu.

"Aksi R berhasil kita ungkap berdasarkan laporan warga, dan kami tetapkan menjadi tersangka," kata Rosyid dalam jumpa pers di Mapolsek Medan Labuhan, Kota Medan, Sumut, Senin (14/1/2019).

Demi meraih keuntungan besar, kata dia, R mengoplos gas dari tabung tiga kilogram ke ukuran 12 kilogram. Masalahnya, gas tabung kecil hijau itu adalah barang subsidi. Sedangkan, untuk ukuran besar tidak mendapat subsidi.

Dari tersangka petugas menyita gas ukuran tiga kilogram sebanyak 50 tabung dan gas ukuran 12 kilogram sebanyak 20 tabung. Turut diamankan 20 tabung, empat buah pipa, satu timbangan duduk dan 20 hologram penutup gas, serta uang tunai sebesar Rp1,183 juta.

"Tersangka dijerat pasal 53 UU No 22 Tahun 2001 tentang Migas dan pasal 62 (1) Jo pasal 8 A,B dan C UU No 8 1999 tentang Perlindungan Konsumen diancam hukuman selama 10 tahun penjara," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal