Orang Tua Diminta Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 untuk Anak

Stepanus Purba ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 20:09 WIB
Orang Tua Diminta Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 untuk Anak
Juru Bicara (Jubir) Tim GTPP Covid-19 Provinsi Sumut Aris Yudhariansyah saat live streaming di Media Center GTPP Covid-19 Provinsi Sumut di Kantor Gubsu, Sabtu (16/5/2020). (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.id - Tingkat penularan Covid-19 kepada anak-anak di Indonesia cukup tinggi. Khusus di Sumatera Utara (Sumut) jumlah pasien anak positif Covid-19 mencapai 3,6 persen dari total pasien positif Covid-19.

Melihat tingginya anak-anak yang terpapar Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut mengajak orang tua untuk lebih waspada. Sebagai langkah awal, trang tua harus mampu memberikan contoh penerapan protokol kesehatan kepada anak-anak.

"Orang tua harus mencontohkan pola hidup bersih dan sehat agar anak mau melakukan hal yang sama,” kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, Jumat (19/5/2020).

Aris mengatakan anak-anak dapat beraktivitas di luar ruangan, namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Di antaranya menyuci tangan dengan sabun sesering mungkin, menggunakan masker di tempat umum dan menjaga kebugaran tubuh," ucapnya.

Selain itu, Aris juga mengimbau agar masyarakat menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga. Menjaga daya tahan tubuh salah satu cara untuk melawan Covid-19. Namun dia mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan saat berolahraga.

"Pastikan unsur keamanan dari Covid-19. Kalau kita merasa olahraga di luar ruangan tidak aman karena banyak kerumunan orang atau wilayah kita sedang merebak wabah penyakit, sebaiknya tetap berolahraga di rumah saja," ujarnya.

Diketahui, jumlah orang yang positif Covid-19 di Sumut hingga Kamis (18/6/2020) tercatat sebanyak 993 pasien. Sebanyak 223 orang dinyatakan sembuh dan 67 orang meninggal dunia.


Editor : Stepanus Purba