Pasien Covid-19 Terus Meningkat, Kanwil Kemenag Sumut Imbau Salat Id di Rumah

Stepanus Purba ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 16:01 WIB
Pasien Covid-19 Terus Meningkat, Kanwil Kemenag Sumut Imbau Salat Id di Rumah
Ilustrasi salat Idul Fitri. (Foto: Dokumen iNews)

MEDAN, iNews.id - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Muhammad David Saragih mengimbau umat Muslim untuk melaksanakan salat Idul Fitri bersama keluarga di rumah. Hal ini mengingat penyebaran Covid-19 di Sumut masih terus meningkat.

David mengatakan, perkembangan data Covid-19 di Sumut yang disampaikan gugus tugas sampai hari ini terus bertambah. Untuk itu, upaya pencegahan wajib dilakukan, salah satunya dengan melakukan pembatasan kegiatan yang menciptakan kerumunan.

"Hal ini dikhawatirkan bisa terus melonjak jika tidak ada upaya pencegahan yang dilakukan. Pembatasan berkegiatan, termasuk kegiatan keagamaan yang mengumpulkan massa adalah salah satu cara pencegahan yang efektif," katanya, Jumat (22/5).

Terkait Fatwa MUI Sumut yang memperboleh salat Id di lapangan dan masjid, David menegaskan hal tersebut diperbolehkan untuk daerah minim penyebaran Covid-19.

"Salat Id dapat dilaksanakan secara berjamaah di daerah bebas Covid-19 serta diyakini tidak ada penularan. Ataupun di daerah yang penularan Covid-19 menunjukkan angka penurunan," katanya.

Untuk daerah yang melaksanakan salat Id di lapangan dan masjid, David mengimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Pelaksanaan salat Idul Fitri, baik di masjid maupun di rumah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan, Tetap jaga jarak, hindari kerumunan dan cegah terjadinya potensi penularan," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba