Patuhi Putusan MK, BPJamsostek Fokus Perluas Kepersertaan

Stepanus Purba ยท Selasa, 05 Oktober 2021 - 20:11:00 WIB
Patuhi Putusan MK, BPJamsostek Fokus Perluas Kepersertaan
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

MEDAN, iNews.id - BPJS Ketenagakerjaan memastikan akan mematuhi putusan Mahkamah Kontitusi (MK) yang membatalkan pengalihan program Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun untuk ASN dan TNI/Polri dari PT Taspen (Persero) dan PT Asabri (Persero) ke BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek). Ke depan, BPJS akan memperluas cakupan kepada para pekerja. 

Kepala BPJamsostek Tanjungmorawa, Iskandar mengatakan pihaknya bekerja seperti biasa pascaputusan MK. Pihaknya akan bekerja sesudai dengna amanah undang-undang dalam memperluas cakupan peserta yang dilindungi BPJamsostek. 

"Kami tetap fokus didalam tugasnya sesuai yang diamanahkan undang undang dalam memperluas cakupan kepesertaan seluas luasnya khususnya di daerah Kabupaten Deliserdang dan fokus pada peningkatan coverage shared kepesertaan," kata Iskandar, Selasa (5/10/2021).

Iskandar memastikan BPJamsotek akan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta yang sudah terlindungi. 

Sebelumnya, Direktur Utama BPJamsostek, Anggoro Eko Cahyo, mengatakam sebagai Pihak Terkait, instansinya menghormati dan menerima putusan MK tersebut.

"Sebagai badan hukum publik, semua kegiatan operasional BPJAMSOSTEK tentunya berdasar pada regulasi, termasuk perubahannya, seperti putusan MK ini," kata Anggoro. 

Dia mengatakan sesuai dengan Undang Undang  SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) dan UU BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), dan regulasi pendukung lain seperti Perpres 109 tahun 2013 dan Inpres No 2 tahun 2021, kami tetap fokus berupaya  memperluas kepesertaan kepada pekerja di luar kategori ASN dan TNI/Polri.

"Termasuk di antaranya pegawai swasta, BUMN, pekerja informal, pekerja migran, pekerja sektor jasa konstruksi dan pegawai non ASN," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: