Pembebasan Lahan Sudah 60 Persen, Bendungan Lau Simeme Ditarget Rampung 2022

Antara ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 13:40:00 WIB
Pembebasan Lahan Sudah 60 Persen, Bendungan Lau Simeme Ditarget Rampung 2022
Wagub Sumut Musa Rajekshah meninjau perkembangan pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deliserdang, Rabu (16/6/2021). (ANTARA/Diskominfo Sumut)

MEDAN, iNews.id - Pembangunan Bendungan Lau Simeme yang terletak di Desa Kuala Dekah Lau, Kecamatan Sibiru Biru, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara ditarget rampung pada 2022 mendatang. Bendungan ini merupakan salah satu dari proyek strategis nasional.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengakui, memang ada keterlambatan dalam memulai pembangunan Bendungan Lau Simeme akibat masalah pembebasan lahan. Namun diharapkan, proyek itu tetap bisa selesai sesuai jadwal awal.

"Sesuai laporan, saat ini pembebasan lahan sudah berkisar 60 persen. Bendungan Lau Simeme ini untuk pembangkit listrik, sumber tambahan air bersih dan termasuk alternatif mengatasi banjir di Kota Medan," ujar ijeck-sapaan akrabnya, Rabu (16/6/2021).

Menurutnya, bendungan ini merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Medan dan Deliserdang akibat besarnya debit air Sungai Percut dan Deli. Bendungan itu diperhitungkan mampu menyediakan air baku sebesar 3.000 liter/detik. Selain itu, bendungan ini nantinya juga bisa menjadi objek wisata.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: