Pemerintah Gratiskan Tarif Listrik 450 VA untuk 3 Bulan, 900 VA Diskon 50 Persen

Felldy Utama, Riezky Maulana ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 18:49 WIB
Pemerintah Gratiskan Tarif Listrik 450 VA untuk 3 Bulan, 900 VA Diskon 50 Persen
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: IST)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah Indonesia menggratiskan tarif listrik kepada pelanggan 450 VA untuk membantu masyarakat di masa pandemi virus corona atau Covid-19. Kebijakan ini berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kebijakan ini dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (31/3/2020). “Tarif listrik untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan selama tiga bulan ke depan, yaitu April, Mei dan Juni 2020,” kata Presiden Jokowi.

Pemerintah juga memberikan keringanan kepada pelanggan listrik 900 VA yang jumlahnya sekitar 7 juta. Setiap pelanggan akan mendapatkan diskon sebesar 50 persen. Artinya, pelanggan hanya membayar separuh. Kebijakan ini juga berlaku selama 3 bulan yakni April, Mei dan Juni.

Selain tarif listrik, pemerintah juga menaikkan jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari 9,2 juta menjadi 10 juta keluarga penerima manfaat. Besaran manfaatnya juga dinaikkan 25 persen. Ini merupakan stimulus ekonomi yang difokuskan kepada masyarakat lapisan bawah.

Dalam konferensi pers itu, Presiden Jokowi menyampaikan berbagai kebijakan terbaru pemerintah dalam menangani pandemi virus corona di Indonesia. Kebijakan ini memprioritaskan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi dalam menghadapi dampak Covid-19.

Jokowi mengatakan, penyebaran pandemi Covid-19 bukan hanya berdampak pada masalah kesehatan, tetapi juga kemanusiaan yang berimbas pada aspek sosial, ekonomi, dan perekonomian negara

“Karena situasi yang kita hadapi adalah situasi kegentingan yang memaksa, kebutuhan yang mendesak, maka Pemerintah memutuskan untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perppu,” kata Jokowi.


Editor : Maria Christina