Pemerintah Targetkan 21 Juta Lansia Divaksinasi Akhir Juni

iNews.id · Minggu, 28 Februari 2021 - 20:46:00 WIB
Pemerintah Targetkan 21 Juta Lansia Divaksinasi Akhir Juni
Proses vaksinasi terhadap lansia di RSUP Adam Malik Medan. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

JAKARTA, iNews.id- Kelompok usia lanjut (lansia) merupakan salah satu kelompok masyarakat yang menjadi prioritas vaksinasi Covid-19. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, total sebanyak 21 juta lansia akan divaksin hingga akhir Juni 2021. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta proses vaksinasi lansia harus mendapatkan dukungan dari masyarakat agar dapat berjalan lancar. 

“Vaksinasi ini mudah-mudahan bisa jadi contoh untuk teman-teman di daerah lain yang memang memiliki resources, memiliki akses untuk mengajak teman-teman lansia untuk segera divaksinasi agar mereka bisa segera terlindungi dari Covid-19,” katanya, Minggu (28/2/2021).

Menurutnya saat ini, supply vaksin masih terbatas karena vaksin tersebut dibutuhkan negara lain. Namun demikian, Indonesia sudah mendapatkan pasokan vaksin lebih dulu dan sudah memulai vaksinasi Covid-19.

“Masalahnya ada di supply vaksinnya karena rebutan di seluruh dunia. Banyak negara yang belum kebagian vaksin. Negara besar seperti Australia dan Jepang baru akan mulai vaksinasi Covid-19. Kita bersyukur sudah dapat vaksinnya, namun karena populasi kita banyak jadi disuntiknya bertahap,” ujarnya.

Editor : Stepanus Purba