Pengosongan Lahan Tangkahan Ikan di Sibolga Ricuh, Wali Kota dan Wakilnya Dilempari Batu

Raymond · Sabtu, 12 Juni 2021 - 01:43:00 WIB
 Pengosongan Lahan Tangkahan Ikan di Sibolga Ricuh, Wali Kota dan Wakilnya Dilempari Batu
Eksekusi lahan tangkahan ikan di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Sibolga, berlangsung ricuh, Jumat (11/6/2021). (Foto : iNews/Raymond)

SIBOLGA, iNews.id - Upaya pengosongan lahan tangkahan ikan di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Sibolga, Sumatra Utara (Sumut) berlangsung ricuh, Jumat (11/6/2021). Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan dan Wakilnya yang memimpin jalannya eksekusi dilempari batu oleh pekerja tangkahan sehingga harus dievakuasi dari lokasi bentrokan.

Bentrokan antara petugas Satpol PP dengan pekerja tangkahan ini berawal, ketika alat berat yang diturunkan Pemkot Sibolga diperintahkan membongkar bangunan. Upaya pembongkaran lahan tangkahan ini dipimpin langsung Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan dan wakilnya.

Namun upaya Satpol PP membongkar bangunan mendapat perlawanan dari pekerja. Para pekerja secara tiba-tiba menghujani petugas Satpol PP dengan lemparan batu.

Mendapat serangan tiba-tiba tersebut, petugas Satpol PP mengevakuasi Wali Kota Sibolga dan wakilnya dari lokasi. Para pekerja tangkahan perikanan yang semakin anarkis terus melakukan pengejaran. Bahkan petugas Satpol PP yang sedang merobohkan dinding tembok pagar lokasi lahan yang akan dikosongkan dilempari batu.

Untuk meredam aksi anarkis para pekerja tangkahan, personel Polres Kota Sibolga dan Prajurit TNI dari Kodim 0211/ TT diturunkan ke lokasi kejadian.

Pengosongan lahan tangkahan seluas 5.000 M2 ini lantaran Pemkot Sibolga mengklaim lahan tersebut merupakan aset Pemerintah Daerah Kota Sibolga. Sementara itu, UD Budi Jaya yang menguasai lahan selama ini mengklaim lahan tersebut milik mereka. 

Editor : InewsTv Henri Sianturi