Perbaikan Jalinsum Batu Jomba Tapsel Butuh Terobosan Baru

Ahmad Husein Lubis ยท Sabtu, 16 Juni 2018 - 06:07:00 WIB
Perbaikan Jalinsum Batu Jomba Tapsel Butuh Terobosan Baru
Para pengemudi harus berhati-hati melintasi jalan nasional Batu Jomba, Sipirok, Tapsel, yang rusak parah. (Foto: iNews/Ahmad Husein Lubis)

SIPIROK, iNews.id – Perbaikan jalan nasional Batu Jomba, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) masih sulit karena kondisi kontur tanahnya yang labil dan berada di atas Patahan Semangko. Selama bertahun-tahun, kondisi jalur lintas Sumatera (Jalinsum) tetap rusak parah meskipun sudah sering diperbaiki.

Sampai saat ini, Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) bersaa Kementerian Pekerjaan Umum masih terus mengkaji kelaikan Jalan Batu Jomba apakah akan dibangun kembali atau ditutup total karena kondisi kontur tanahnya. Salah satu alasan Pemprov Sumut terus mengupayakan perbaikan karena jalan ini merupakan akses tercepat lintas Sumatera.

Selama bertahun-tahun, Batu Jomba rusak parah bahkan kerap amblas. Perbaikan jalan sudah kerap dilakukan dan menghabiskan banyak dana. Meskipun diperbaiki, kontur tanahnya membuat jalan ini kembali rusak jika terjadi pergerakan tanah yang signifikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumut Haris Lubis mengatakan, perbaikan jalan Batu Jomba membutuhkan terobosan baru karena kondisi struktur tanahnya. Bahkan, satu-satunya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerusakan hanya dengan membangun jembatan layang atau flyover. Itu pun memerlukan kajian lanjutan dengan persiapan anggaran yang lebih besar.

“Kondisi struktur tanah itu juga menjadi diskusi panjang. Jadi, memang harus dilakukan terobosan tertentu,” ujarnya.

Menurut dia, Dinas PU Sumut pernah berencana untuk memindahkan ruas jalan nasional itu ke jalan provinsi, tapi kondisinya hampir sama juga. “Memang ini masih dalam diskusi panjang untuk bisa ditetapkan seperti apa konstruksi yang lebih baik di sana. Kami belum bisa tentukan target, artinya upaya untuk itu terus dilakukan,” papar Haris Lubis.

Sementara itu, kondisi jalan Batu Jomba sudah kerap dikeluhkan pengguna jalan. Warga merasa bosan melihat kondisi jalan yang selalu rusak dari tahun ke tahun. Berbagai musibah kerap mereka alami jika melintas di jalan ini seperti terbalik hingga terjebak kemacetan parah.

“Mobil bisa terbalik kalau banyak muatan dan kalau hujan mobil bisa tergelincir. Sudah lama jalannya begini. Kalau lagi macet si sini, kadang-kadang buka tutup jalan. Kami berharap supaya jalan ini cepat diperbaiki,” kata pengguna jalan, Rahmat Hidayat.


Editor : Maria Christina