PJR Polda Sumut Tangkap 2 Pencuri Brankas SMA 1 Sampali di Tol Belmera

Stepanus Purba ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 18:04:00 WIB
PJR Polda Sumut Tangkap 2 Pencuri Brankas SMA 1 Sampali di Tol Belmera
Personel PJR Polda Sumut saat menangkap dua pencuri brankas saat patroli di Tol Belmera. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Pelaku pencurian brankas SMAN 1 Sampalli, Deliserdang, ditangkap tim PJR Polda Sumatera Utara (Sumut) saat melintas di Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), Sabtu (4/1/2020). Petugas sempat melepaskan empat kali tembakan ke udara sebagai peringatan hingga kedua pelaku akhirnya menyerahkan diri.

Identitas pelaku yang diamankan yakni Fajar (18) warga Jalan Letda Sudjono, Kelurahan Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung. Dan rekannya Muchlis (29) warga Jalan Bersama, Kelurahan Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung. Keduanya kini ditahan di Polsek Percutseituan.

Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin mengatakan, kronologi penangkapan kedua pelaku ini bermula saat anggota PJR Iptu N Surbakti dan Brigadir Conan Ginting sedang berpatroli dan melintas di KM 18.400 Jalur A Tol Belmera.

BACA JUGA: Jambret Tas Perempuan di Jalan Seram Medan, 2 Pemuda Babak Belur Dihakimi Warga

"Saat itu personel melihat dua pria mendorong brankas warna hitam yang ditutupi kain di bahu Jalan Tol Belmera, tepanya pada Kilometer 18.400 jalur A," ujar Kemas, Sabtu (4/1/2019).

Petugas yang melihat gerak-gerik mencurigakan kedua pria tersebut kemudian menghentikan kendaraan patroli dan mendekati mereka. Saat hendak diajak bicara, keduanya kabur dan melompati pagar pembatas tol kemudian bersembunyi di semak-semak.

"Petugas sempat mengeluarkan tembakan ke udara sebanyak empat kali. Mendengar suara tembakan, kedua pelaku menyerahkan diri dan selanjutnya diamankan,” katanya.

Pengakuan mereka, brankas merek AKC warna hitam dan satu laptop merek Asus itu merupakan milik SMA Negeri 1 Sampali. Kedua pelaku saat ini ditahan untuk kepentingan penyelidikan.

Editor : Donald Karouw