Polda Sumut Sita 115 Kg Sabu dan 74 Kg Ganja dalam Kurun 3 Bulan

Aminoer Rasyid, Stepanus Purba ยท Selasa, 31 Juli 2018 - 20:06:00 WIB
Polda Sumut Sita 115 Kg Sabu dan 74 Kg Ganja dalam Kurun 3 Bulan
Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpaw bersama jajaran terakit memusnahkan barang bukti sabu seberat 115 kg di Mapolda Sumut, Medan. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Ditreserse Narkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) berhasil menindak 23 kasus penyalahgunaan narkotika golongan satu dengan 52 tersangka. Dari hasil penindakan itu, petugas menyita 115 kilogram (kg) narkotika jenis sabu, 74 kg ganja dan 380 butir pil eksatasi.

Seluruh narkotika yang disita tersebut dimusnakan dengan cara direbus dan dibakar. Pemusanahan narkoba itu dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpau di halaman Mapolda Sumut, Selasa (31/7/2018). Pemusnahan sabu dengan cara direbus di dalam dandang besar dan ganja kering dimusnakan dengan cara dibakar.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, barang bukti narkoba berupa sabu sebanyak 115 kg sabu, 380 butir ekstasi dan 74 kg ganja kering siap edar itu merupakan hasil pengungkapan kasus selama tiga bulan terakhir mulai Mei-Juli 2018.

Paulus mengaku prihatin masih maraknya tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Hal itu membuktikan, Sumut menjadi pangsa pasar pendistribusian barang haram tersebut baik oleh jaringan nasional maupun internasional. “Kami bangga bisa menggagalkan peredaran sabu sekaligus sangat prihatin dengan masih banyaknya peredaran sabu di Sumut,” katanya.

Menyikapi masih maraknya peredaran narkoba, Paulus berharap kepedulian dari masyarakat untuk dapat memberikan informasi kepada polisi terhadap peredaran narkoba yang kini sudah menjadi musuh bersama. “Kepada kepala lingkungan, kmai juga minta untuk dapat mendata bagi pendatang yang masuk ke wilayahnya,” ujarnya.

Kapolda menambahkan, sebagian kasus narkoba itu sudah dalam tahap persidangan di Pengadilan Tinggi Sumut dan Pengadilan Negeri Medan. Sementara sisanya masih tahap penyidikan di kejakasaan. Untuk memperkecil masuknya narkoba dari luar negeri, Polda Sumut telah bekerja sama dengan Bea Cukai guna meminimalisir masuknya barang haram ke Sumatera Utara melalui jalur-jalur tikus di perairan Aceh.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: