Polda Sumut Tanam 57.300 Pohon, Kapolda: Reboisasi Lahan dan Cegah Bencana

Stepanus Purba ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 14:16 WIB
Polda Sumut Tanam 57.300 Pohon, Kapolda: Reboisasi Lahan dan Cegah Bencana
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat menanam pohon di SPN Hinai, Kabupaten Langkat, Jumat (10/1/2020). (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Polda Sumatera Utara menanam 57.300 bibit pohon yang disebar di seluruh wilayah hukumnya sebagai bentuk reboisasi lahan dalam mengantisipasi bencana. Dari puluhan ribu bibit tersebut, 1.500 di antaranya ditanam di SPN Hinai, Kabupaten Langkat.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin mengungkapkan, bibit yang ditanam berasal dari tanaman produksi hingga pohon keras. Seperti pohon mangga, durian, mahoni, rambutan, jambu, jeruk, lemon, klengkeng, trembesi, Jati Putih, Ketapang dan Macadomia.

BACA JUGA: BBTNGL Selamatkan 2 Anak Orangutan dari Perdagangan Satwa Dilindungi di Langkat Sumut

"Ini (penanaman pohon) salah satu langkah untuk reboisasi dan mengantisipasi banjir dan bencana," ujar Martuani, Jumat (10/1/2020).

Tak hanya itu, Kapolda berjanji, jajarannya bersama dengan Pemprov Sumut dan seluruh kepala daerah serta organisasi masyarakat akan menggalakkan kegiatan reboisasi.

"Pohon ini penting untuk serapan air dan perbaikan lahan serta lingkungan," katanya.

Seusai penanaman pohon, Kapolda dan Siswa SPN Hinai menabur bibit ikan di kolam larangan sedalam 2,5 meter. Kolam ini sengaja dibuat dan akan dipanen setahun sekali.


Editor : Donald Karouw