Polisi Berhasil Ungkap Peredaran Sabu di Serdang Bedagai, Satu Orang Dilumpuhkan

Stepanus Purba ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 09:14 WIB
Polisi Berhasil Ungkap Peredaran Sabu di Serdang Bedagai, Satu Orang Dilumpuhkan
Polisi amankan pengedar sabu di Serdang Bedagai (dok. istimewa)

MEDAN,iNews.id - Personil dari dari Satres Narkoba Polres Serdang Bedagai berhasil menangkap jaringan peredaran narkoba antarkabupaten yang selama ini beroperasi di Tanjung Balai. Dalam operasi ini, polisi berhasil mengamankan empat orang tersangka di empat lokasi yang berbeda, satu ditembak karena berusaha kabur.

Berdasarkan Informasi yang berhasil dihimpun, pengungkapan jaringan ini berawal saat petugas berhasil mengamankan Deni Egi Trisnadi alias Egi (29) di Lingkungan Lingkungan III, Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai tepatnya di depan SMAN 1 Perbaungan pada Senin (17/2/2020) lalu.

Saat mengamankan Egi, polisi berhasil mendapati sebuah dompet kecil warna hitam denhan corak. Di dalam dompet tersebut terdapat plastik transparan yang berisi sabu seberat 0,80 gram. Selain itu, petugas juga berhasil mengamankan satu buah pipet dan 20 buah plastik kecil dan uang tunai Rp 24 ribu.

Oleh petugas, Egi kemudian diintrograsi untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut. Alhasil, petugas kembali mengamankan Sukarman alias Karman (53) di tak jauh dari rumahnya yang berada Lingkungan III, Kelurahan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.

"Dari tersangka Sukarman, polisi berhasil mengamankan barang bukti sabu dalam empat plastik kecil dengan total berat 1.50 gram dan satu buah pipet yang digunakan sebagai sekop," kata Kasatnarkoba Polres Serdang Bedagai, AKP Martualesi, Rabu (19/2/2020).

Lanjut Martualesi, petugas kembali melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan June Tarigan alias Juned (26) warga Dusun V, Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

"Pelaku diamankan di sekitar kawasan tempat tinggalnya pada Senin (17/2/2020). Dari tangannya kami amankan satu buah dompet berwarna emas yang berisi plastik transparan, sabu dengan berat 2.00 gram serta uang tunai Rp 104 ribu. Tidak hanya itu, kami juga temukan buku catatan yang berisi rekapitulasi penjualan sabu," katanya.

Tak puas sampai di situ, petugas kembali melakukan pengembangan hingga sampai di Kecamatan Percutseituan pada Selasa (18/2/2020) dinihari.

Masih dikatakan AKP Martualesi, Ari hasil pengembangan terhadap pelaku June, di mana ia menerangkan bahwa memperoleh narkotika jenis sabu dari seseorang bernama Wak Ngah yang beralamat di Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang dengan selalu bertransaksi menggunakan HP.

"Kami lakukan pengembangan, memancing pelaku ini dengan cara memesan sabu sebanyak 30 gram. Dengan cara sistem jemput ke lokasi," katanya.

Di desa Tembung, Kecamatan Percutseituan, pihaknya mengamankan target operasi yakni Sarju (40).

"Dari tangan pelaku kami amankan dua plastik transparan yang berisi sabu 11,30 gram, satu unit hp Nokia warna hitam dan uang tunai Rp 50 ribu," jelasnya.

Masih dikatakan Martualesi, saat dilakukan penangkapan terhadap Sarju, ia melakukan perlawanan dan berusaha merebut senjata personil.

"Sehingga terhadap Sarju dilakukan tindakan tegas dan terukur di bagian kaki kiri. Selanjutnya pelaku dibawa berobat ke RSU Sultan Sulaiman," ucapnya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq