Polisi Bongkar Kasus Pembobolan Jalur Pipa BBM di Pesisir Medan

Yudha Bahar ยท Kamis, 24 September 2020 - 19:16 WIB
Polisi Bongkar Kasus Pembobolan Jalur Pipa BBM di Pesisir Medan
Petugas saat membongkar lubang dalam rumah yang diduga untuk membobol saluran BBM milik PLN. (Foto: iNews/Yudha Bahar)

MEDAN, iNews.id - Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Belawan membongkar kasus dugaan pembobolan bahan bakar minyak (BBM) dalam skala besar di jalur pipa milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di pesisir Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (24/9/2020). Dalam penggerebekan, pelaku kabur, namun petugas menyita sejumlah barang bukti.

Pantauan iNews, belasan anggota Polres Pelabuhan Belawan dibantu prajurit TNI menggerebek rumah pelaku di Jalan Titi Pahlawan, Lingkungan 1, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Untuk melancarkan aksinya, terduga pelaku bernama Joko (35) membangun rumah persis di atas jalur pipa BBM jenis solar milik PLN. Dari lokasi, petugas menemukan lubang berukuran 1 x 1 meter dengan kedalaman satu meter.

Dari lubang itulah, pelaku membobol pipa BBM yang ditanam dan telah dimodifikasi. Dalam pembongkaran tersebut, polisi juga menemukan sejumlah pipa, selang, corong minyak dan jeriken tempat menampung minyak yang jadi barang bukti. 

Kepala Lingkungan I Pekan Labuhan Kamaludin mengatakan, terbongkarnya kasus pembobolan minyak ini berawal saat pelaku Joko memukul anak tetangganya.

"Jadi ada polisi yang datang untuk menangkap pelaku. Di situlah terlihat aktivitas mencurigakan di dalam rumah pelaku," kata Kamaludin, kamis (24/9/2020).

Namun dalam penggerebekan, pelaku Joko berhasil kabur. Kini petugas Polres Pelabuhan Belawan dan jajaran masih mengejar dan sudah mengantongi lokasi keberadaaan Joko.


Editor : Donald Karouw