Polisi Gerebek Home Industry Daur Ulang Ekstasi di Medan

Stepanus Purba · Selasa, 14 September 2021 - 14:12:00 WIB
Polisi Gerebek Home Industry Daur Ulang Ekstasi di Medan
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko merilis pengungkapan pabrik ekstasi di Kota Medan. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Personel Satres Narkoba Polrestabes Medan berhasil membongkar home industry daur ulang ekstasi di Jalan Budi Kemenangan, Kelurahan Pulo Brayan, Kecamatan Medan Barat. Bisnis haram tersebut dijalankan oleh pasangan suami-istri berinisial J (30) dan MC (17). 

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko mengatakan para pelaku mengolah kembali bahan baku ekstasi yang tidak laku dijual. Bahan tersebut dicampurkan mereka ke dalam kopi sachet. 

Dalam menjalankan bisnis haram tersebut, pasangan suami istri ini berbagi peran. Sang suami bertugas membeli ekstasi yang tidak laku kemudian mencampurkannya ke kopi sachet. Sementara istrinya berperan untuk mengantarkan barang tersebut kepada konsumen. 

“Dalam menjalankan praktik bisnis haram ini, keduanya menggunakan lima rekening berbeda termasuk rekenig milik orang tuanya. Keduanya pun diketahui menggunakan jasa aplikasi jual beli online di internet untuk mengantar barang,” kata Riko Sunarko. 

Selain mengamankan campuran ekstasi dan kopi, petugas juga mengamankan 5,2 gram sabu,173 butir pil ekstasi berbagai merek, 1205 butir pil H5, 39 botol keytamin cair, 168 bungkus kecil keytamin serbuk, tiga timbangan elektrik, 208 lintingan rokok batangan ganja, 168 butir pil alprazolam.

“Keduanya sudah menjalankan praktik terlarang ini selama dua tahun. Keuntungan yang didapat tiap bulannya bisa mencapai Rp15 juta,” ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba