Presiden Jokowi Akan Resmikan Jalur Rel Kereta Layang Medan-Bandara Kualanamu

Aminoer Rasyid, Antara ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 17:04:00 WIB
Presiden Jokowi Akan Resmikan Jalur Rel Kereta Layang Medan-Bandara Kualanamu
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews/Aminoer Rasyid)

MEDAN, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan jalur rel layang Kereta Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Jalur ini sudah mulai dioperasikan sejak awal Desember 2019.

“Kami sudah menyurat ke Bapak Presiden. Kami harap Januari ini atau Februari Presiden dapat datang untuk meresmikannya,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Stasiun Medan, Sabtu (4/1/2020).

Menhub menegaskan, dengan adanya jalur rel layang sepanjang 10,8 kilometer (Km) tersebut, diharapkan angkutan kereta semakin menjadi moda transportasi massal pilihan bagi masyarakat.

BACA JUGA: Tinjau Jalur Rel Kereta Layang, Menhub Minta Warga Medan Optimalkan Pemanfaatannya

Menurutnya, merupakan anugerah, Kota Medan memiliki jalur layang kereta. Dengan jalur ini, maka lalu lintas akan menjadi lebih lancar karena perjalanan kereta melalui rel biasa atau di bawah berkurang. Kemudian, waktu tempuh perjalanan KA ke Bandara Kualanamu jadi lebih singkat hanya 28 menit.

“Saya berharap pada warga Medan dapat menggunakan kereta ini dengan baik. Supaya apa, kita mengungi jumlah angkutan individu ke Bandara Kualanamu agar Kota Medan tidak macet,” katanya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengungkapkan, pembangunan jalur layang KA sepanjang 10,8 kilometer tersenit merupakan sarana pelengkap lainnya yang dibiayai APBN/SBSN sebesar Rp2,86 triliun.

Sejak pertama kali dioperasikan pada 1 Desember 2019, jumlah penumpang naik sekitar 10 persen. Pada Desember, jumlah penumpang mencapai 50.630 dari sebelumnya 48.719 di November 2019.

Editor : Donald Karouw