Pria di Binjai Ditangkap usai Mengaku Anggota Reskrim dan Bawa Kabur 3 Handphone

Muhammad Zaenal Tanjung ยท Selasa, 26 November 2019 - 23:04 WIB
Pria di Binjai Ditangkap usai Mengaku Anggota Reskrim dan Bawa Kabur 3 Handphone
Penipu ditangkap polisi di Binjai, Sumatera Utara. (Foto: iNews/Muhammad Zaenal Tanjung)

BINJAI, iNews.id – Mengaku sebagai anggota Reskrim Polres Binjai, Sumatera Utara seorang pria berhasil menipu dan melarikan handphone korban. Pelaku meminjam handphone korban, lalu membawanya kabur.

Edi Putra, warga Jalan Pasar Besar, Kilometer 16 Medan Sunggal, Medan ditangkap polisi karena kasus penipuan. Modus yang dipakai, tersangka mengajak korban naik sepeda motor untuk mencari seorang buronan.

“Saya pinjam handphone korban untuk melihat GPS lalu saya bawa pergi,” kata pelaku, Selasa (26/11/2019).

Aksi pelaku lantas dilaporkan ke polisi. Dari aksinya, sudah ada tiga orang yang menjadi korban. Saat ditangkap, polisi juga menyita tiga handphone hasil menipu sebagai barang bukti.

Rencananya, handphone tersebut akan dijual tersangka untuk keperluan pribadi. Namun belum sempat menjual, pelaku sudah ditangkap polisi.

Menurut Juper Polsek Binjai Kota, Brigadir Andri, pelaku meminjam handphone korban untuk melacak lokasi orang yang sedang diburu. “Korban lantas disuruh melihat sesuatu di lahan orang, saat itulah pelaku membawa kabur handphone korban,” katanya.

Atas perbuatannya menipu dan mengaku anggota kepolisian, tersangka diancam pasal 362 KUHP tentang pencurian dan atau pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman di atas lima tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah