Puluhan Rumah di Kota Medan Terbakar, Api Diduga dari Korsleting Listrik

Rusli HR ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 20:05:00 WIB
Puluhan Rumah di Kota Medan Terbakar, Api Diduga dari Korsleting Listrik
Seorang warga berupaya memadamkan api yang menghanguskan puluhan rumah di Medan Belawan, Kota Medan. (Foto: iNews/Rusli HR)

MEDAN, iNews.id – Puluhan rumah di kawasan Pondok Gongsol, Jalan Bliton Barat, Lingkunga Lima Kelurahan Belawan Dua, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) terbakar, Rabu (2/12/2020). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan lebih dari 30 rumah itu. Namun, dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik salah satu rumah warga.

Kebakaran tersebut membuat warga panic. Mereka berhamburan menyelamatkan diri. Sebagian warga lainnya berupaya mengevakuasi barang-barang berharga yang masih bisa diselamatkan.

Warga juga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, kencangnya angina membuat upaya pemadaman tidak maksimal.

Tak lama berselang, sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Pemko Medan tiba di lokasi. Petugas langsung melokalisasi api agar tidak meluas ke tempat lainnya.

Warga Medan Belawan, Harry Laut (58) mengatakan, api mulai terlihat sore hari dari rumah Eva. Namun akibat angin kencang api cepat menyambar ke rumah warga lainnya.

“Diduga api berasal dari arus pendek listrik dari rumah Eva, karena berdekatan dengan penjual gas hingga terjadi ledakan,” katanya.

Dia mengatakan, kobaran api baru berhasil dipadamkan petugas pemadam setelah delapan mobil pemadam kebakaran dari Pemko Medan dikerahkan ke lokasi.

Kebakaran tersebut kini ditangani petugas Polres Pelabuhan Belawan. Petugas mengolah tempat kejadian dan meminta keterangan sejumlah saksi.

Editor : Kastolani Marzuki