Puncak Arus Balik Libur Nataru di Bandara Kualanamu Diprediksi Sabtu-Minggu Ini

Stepanus Purba ยท Sabtu, 04 Januari 2020 - 12:15 WIB
Puncak Arus Balik Libur Nataru di Bandara Kualanamu Diprediksi Sabtu-Minggu Ini
Bandara Internasionala Kualanamu di Delisedang, Sumut. (Foto: KORAN SINDO)

MEDAN, iNews.id - Puncak arus balik libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Bandara Kualanamu diprediksi terjadi pada Sabtu hingga Minggu (4-5/1/2020). Pergerakan penumpang terpantau mulai terlihat meski tak sama dengan tahun sebelumnya.

Manager Airport Duty PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Kualanamu Supri Handoyo mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan, pihaknya kerja sama dengan intansi terkait sejak dibukanya Posko Terpadu Nataru di Bandara Kualanamu.

“Prediksinya pada hari itu (Sabtu-Minggu). Karena libur Nataru sudah habis dan anak-anak masuk sekolah . Ditambah lagi pada Senin mendatang semua sudah masuk kerja,” kata Supri, Jumat (3/1/2020).

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah siap dan siaga untuk memberi keamanan serta kenyamanan bagi penumpang.

“Kami juga mengimbau agar pengguna jasa bandara tak segan melapor dan meminta bantuan bila ada kendala atau ketidaknyamanan,” ujarnya.

Soal pergerakan penumpang pada H+8 Nataru, baik kedatangan, keberangkatan domestik dan internasional, sudah mulai terlihat meski masih menurun dibanding tahun sebelumnya.

“Begitu juga dengan jumlah penerbangan, juga masih sama,” katanya.

Data pergerakan penumpang di Bandara Kualanamu pada tahun 2019 sebanyak 25.826 orang. Tahun 2018 29.770 penumpang, artinya ada penurunan sekitar 13 persen.

Sementara untuk pergerakan pesawat tahun 2019 sebanyak 195 penerbangan. Pada tahun 2018 ada 220 penerbangan atau terjadi penurunan sekitar 11 persen.


Editor : Donald Karouw