Raja dan Ratu Belanda Diagendakan Kunjungi Danau Toba, Wisata Sekaligus Riset

Antara ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 17:20 WIB
Raja dan Ratu Belanda Diagendakan Kunjungi Danau Toba, Wisata Sekaligus Riset
Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Cerruti diagendakan akan mengunjungi kawasan Danau Toba. (Foto: Kerajaan Belanda)

MEDAN, iNews.id - Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Cerruti diagendakan akan mengunjungi kawasan Danau Toba. Mereka akan berwisata sekaligus membawa tim riset kualitas air untuk berbagi pengalaman pengelolaan air bersih di danau supervulkano tersebut.

"Menurut rencana Ratu dan Raja Belanda akan datang ke kawasan Danau Toba pada 13 Maret 2020," kata Direktur Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo, Senin (2/3/2020).

Raja dan Ratu Belanda tersebut direncanakan mengunjungi sejumlah tempat wisata dan situs budaya. Seperti Bukit Singgolom yang memiliki pemandangan dari atas Danau Toba serta Dusun Siambat Dalan, Desa Lintong Nihuta, Kabupaten Toba Samosir serta sejumlah tempat wisata lain.

Kedatangan rombongan bukan hanya agenda wisata, namun sekaligus berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola air di kawasan Danau Toba.

"Mereka akan membawa para peneliti atau tim riset kualitas air untuk berbagi pengetahuan dengan perwakilan pemerintah peneliti Indonesia dan sejumlah komunitas pecinta lingkungan. Agenda transfer ilmu pengetahuan itu akan dilakukan dalam kegiatan seminar di sekolah unggul Del Toba Samosir," ujarnya.

Dia berharap, kegiatan berbagi ilmu tentang pengelolaan air ini akan membantu pemerintah dalam memanfaatkan air Danau Toba untuk kemaslahatan masyarakat. Hal itu karena Belanda sudah memiliki pengalaman mengelola air bersih untuk kebutuhan negara dan warganya.

"Kita tahu Belanda memiliki pengalaman untuk mengelola air. Oleh karenanya diharapkan akan mendongkrak pengelolaan air karena mereka expert dari sana," kata Prasetyo.


Editor : Donald Karouw