Ratusan Rumah Warga di Tinggi Raja Asahan Terendam Banjir Kiriman

Ulil Amri ยท Senin, 30 Oktober 2017 - 13:42 WIB
Ratusan Rumah Warga di Tinggi Raja Asahan Terendam Banjir Kiriman
genangir ratusan rumah warga di Dusun Lima, Desa Sei Piasa Ulu, Kecamatan Tinggi Raja, Asahan, Sumatera Utara (Sumut), Senin pagi (30/10/2017). Banjir disebabkan air Sungai Piasa Ulu yang meluap menyusul curah hujan yang tinggi. (Foto: iNews/Ulil Am

ASAHAN, iNews.id – Ratusan rumah warga di sekitar Dusun Lima, Desa Sei Piasa Ulu, Kecamatan Tinggi Raja, Asahan, Sumatera Utara (Sumut), terendam banjir, Senin pagi (30/10/2017). Ketinggian air mencapai 30 hingga 70 sentimeter (cm).

Air tersebut merupakan banjir kiriman akibat luapan air Sungai Piasa Ulu, yang terjadi sejak Jumat lalu, 27 Oktober 2017. Air sungat meluap menyusul curah hujan yang tinggi. Sebagian aktivitas warga sempat terganggu karena air sudah menggenangi hingga ke dalam rumah. Namun, warga tidak mengungsi karena air akan berangsur surut. “Daerah kami sudah banjir selama tiga hari, sejak Jumat minggu lalu,” ujar warga setempat, Poniem.

Hingga kini, belum petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan melakukan pemantauan ke kawasan yang banjir. Pemerintah daerah setempat juga terlihat belum ada mendirikan posko logistik dan posko kesehatan. “Ya, sampai sekarang belum ada petugas dari pemerintah daerah yang turun memberikan bantuan dan penanganan,” kata Poniem.

Warga berharap kepada pemerintah daerah segera tanggap terhadap kondisi banjir yang menggenangi rumah warga. Mereka khawatir ketinggian air dapat kembali meningkat sewaktu-waktu karena curah hujan yang masih tinggi.


Editor : Maria Christina