Redam Covid-19, Warga Deliserdang Dirikan Kampung Paten di Desa Punden Rejo

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 13:22 WIB
Redam Covid-19, Warga Deliserdang Dirikan Kampung Paten di Desa Punden Rejo
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mencek peralatan protokol kesehatan di Kampung Paten di Desa Punden Rejo. (Foto: ANTARA/HO)

MEDAN, iNews.id - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin meresmikan Kampung Paten di Desa Punden Rejo, Kabupaten Deliserdang. Pendirian kampung ini sebagai contoh bagi desa-desa lainnya dalam meredam dan mencegah penyebaran Covid-19.

"Ini merupakan kreativitas yang mampu menyulap suatu kampung menjadi tempat wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menuju tatanan hidup baru," ujar mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri tersebut, Kamis (25/6/2020).

Sebelum peresmian, Kapolda dan rombongan menjalankan protokol kesehatan terlebih dahulu. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyemprotan, hand sanitizer dan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau ruangan isolasi dan dapur umum yang didirikan masyarakat.

Kepala Desa Punden Rejo Misno mengatakan, latar belakang pendirian Kampung Paten ini sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19 yang grafiknya terus meningkat.

"Jadi, kami membentuk Posko Covid-19 untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona. Setiap masyarakat yang datang harus dicek suhu tubuhnya," katanya.

Misno mengungkapkan, Desa Punden juga mendirikan ruang isolasi serta dapur umum, jika ada masyarakat yang terpapar Covid-19.

"Semuanya ini dilakukan dengan menggunakan dana desa," ucapnya.

Pada acara itu peresmian Kampung Paten ini, selain Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin turut hadiri Ketua Bhayangkari Risma Martuani Sormin, Bupati Deliserdang Anshari Tambunan, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, beserta pejabat lainnya.


Editor : Donald Karouw