Reka Ulang Tahap II Pembunuhan Hakim PN Medan, Kapolda: Ada 54 Adegan Diperagakan

Stepanus Purba ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 14:30 WIB
Reka Ulang Tahap II Pembunuhan Hakim PN Medan, Kapolda: Ada 54 Adegan Diperagakan
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani. (Foto: dok iNews)

MEDAN, iNews.idKapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin turut hadir menyaksikan rekonstruksi kasus pembunuhan Hakim PN Medan Jamaluddin di rumah almarhum, Perumahan Royal Monaco Blok B Nomor 22 Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kamis (16/1/2020). Dalam reka ulang ini, ketiga tersanga dihadirkan polisi.

"Untuk rekonstruksi di rumah almarhum ada sebanyak 54 adegan yang diperagakan tersangka," kata Martuani, Kamis (16/1/2020).

BACA JUGA: Reka Ulang Kasus Pembunuhan Hakim Jamaluddin: Skenario Awal Serangan Jantung

Kapolda menjelaskan, para pelaku melakukan adegan mulai dari persiapan eksekusi hingga pembuangan jasad Hakim Jamaluddin.

"Kemarin sudah dilakukan rekonstruksi perencanaan dan hari ini kami laksanakan reka ulang persiapan eksekusi pembunuhan dan pembuangan mayat. Ini untuk membantu jaksa penuntut umum dalam menyusun dakwaan atau tuntutan mulai dari perencanaan sampai eksekusi sehingga unsur yang dituduhkan penyidik sesuai pada Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana," ujarnya.

Dalam rekonstruksi, tampak juga anggota Kejari Medan, Polrestabes Medan dan penyidik Polda Sumut.

"Saya didampingi Kajari dan Polrestabes untuk melengkapi seluruh kelengkapan berkas perkara kepada jaksa penuntut umum,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw