RS USU Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 ke Anak 12-18 Tahun

Antara ยท Kamis, 08 Juli 2021 - 18:17:00 WIB
RS USU Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 ke Anak 12-18 Tahun
RS USU memfasilitasi vaksinasi Covid-19 terhadap anak, menyusul telah dimulainya program vaksinasi anak usia 12 sampai 17 tahun yang diluncurkan oleh Pemkot Medan. (ANTARA/Donny Aditra)

MEDAN, iNews.id - Rumah Sakit (RS) Universita Sumatera Utara (USU) akan memfasilitasi vaksinasi Covid-19 terhadap anak usia 12-18 tahun. RS USU menargetkan memvaksin 20 anak setiap harinya. 

Direktur Penelitian dan Kerjasam RS USU Ivana Alona mengatakan terhitung mulai Kamis (8/7/2021), pihaknya sudah memfasilitasi vaksinasi terhadap anak rentan usia 12-18 tahun. Waktu vaksinasi akan dilakukan dari hari Senin hingga Jumat dari pukul 13.00 WIB hingga 14.30 WIB.

Ivana mengatakan anak-anak yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 wajib didampingi oleh orang tua. Pasalnya ada sejumlah syarat yang dipenuhi sebelum anak-anak mendapatkan vaksin Covid-19

"Syarat tersebut yaitu harus membawa surat kartu keluarga atau kartu identitas anak (KAI) serta harus menandatangani surat persetujuan tindakan kedokteran atau media dari orang tua," kata Ivana, Kamis (8/7/2021). 

Terkait dengan baru 20 anak yang mendapatkan suntik vaksin Covid-19 di USU, hal tersebut karena keterbatasan stok vaksin yang dimiliki RS USU. Untuk mengatasi lonjakan, pihaknya masih akan memfasilitasi anak yang berdomisi Medan. 

"Kita belum bisa membuka sebanyak-banyaknya. Jadi perlahan nanti kalau sudah ada tambahan logistik kita akan berkoordinasi lagi dengan Dinas Kesehatan Kota Medan," katanya.

Sementara seorang peserta vaksinasi berumur 12 tahun, Roniasi Sinurat,  mengaku melakukan vaksinasi itu untuk membantu melindungi keluarganya dari ancaman Covid-19.

"Saya mau divaksin untuk menghindari Covid-19. Tadi tempatnya juga nyaman. Setelah vaksin saya biasa saja, tidak ada apa-apa," katanya.

Editor : Stepanus Purba_block

Bagikan Artikel: