Rutan Kelas II B Kabanjahe Rusuh, Kapolda: Napi Dipindahkan ke Sejumlah Lapas di Sumut

Stepanus Purba ยท Rabu, 12 Februari 2020 - 22:10 WIB
Rutan Kelas II B Kabanjahe Rusuh, Kapolda: Napi Dipindahkan ke Sejumlah Lapas di Sumut
Situasi Rutan Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut, pascakerusuhan Rabu (12/2/2020). (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Pascakerusuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) sebagian narapidana akan dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan (lapas) yang ada di Sumut. Beberapa lapas yang dipilih di Kota Medan, Binjai, Sidikalang, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, para napi yang dipindahkan tentunya sudah mendapatkan vonis berkekuatan hukum tetap. Pemindahan para napi ini sesuai dengan petunjuk dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sumut.

“Sebagaimana petunjuk dari Kanwil Kemenkumham Sumut, para napi yang sudah ditetapkan hukum tetap akan dipindahkan ke lapas yang ada di Binjai, Medan, Humbahas, dan Sidikalang,” ujar Martuani, Rabu (12/2/2020).

Sementara itu, 142 tahanan yang saat ini masih menjalani proses persidangan masih akan ditempatkan di Rutan Kelas II B Kabanjahe. Untuk sementara waktu, ke-142 tahanan tersebut akan diamankan di Polres Tanah Karo sembari menunggu proses perbaikan selesai.

"Ada tiga sel yang bisa dihuni dan akan segera akan diperbaiki, dibersihkan malam ini. Sel tersebut akan ditempati 142 tahanan yang masih menjalani proses persidangan,” ucapnya.

Diketahui, Rutan Kelas II B Kabanjahe rusuh, Rabu (12/2/2020). Kerusuhan diduga bermula dari razia yang dilakukan petugas rutan dan mendapat penolakan dari para napi.


Editor : Maria Christina