Satgas Pangan di Sumut Pastikan Tak Ada Spekulan Jelang Nataru

Aminoer Rasyid · Senin, 23 Desember 2019 - 21:12:00 WIB
Satgas Pangan di Sumut Pastikan Tak Ada Spekulan Jelang Nataru
Satgas Pangan Sumut dari unsur pemprov, TNI dan Polri saat sidak untuk memastikan kestabilan harga serta stok bahan pangan di pasar tradisional. (Foto: iNews/Aminoer Rasyid)

MEDAN, iNews.id – Tim satuan tugas (satgas) pangan Provinsi Sumatera Utara memastikan tak ada spekulan yang memainkan harga maupun menimbun stok kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Pendataan maupun hasil pengecekan di lapangan, stabilitas stok dan harga masih terjaga kendati ada sedikit kenaikan.

“Komoditas utama pemicu inflasi alhamdulilah stabil, kalaupun ada kenaikan tidak terlalu banyak. Kami juga telah cek ketersediaan stok, berdasarkan angka-angka mencukupi, demikian pun hasil cek lapangan,” ujar Sekda Pemprov Sumut R Sabrina saat sidak di sejumlah pasar tradisional dan modern di Medan, Senin (23/12/2019).

Menurutnya, dua hari menjelang Natal 2019, harga komoditas bahan pokok yang naik namun masih terjangkau, seperti bawang merah dari Rp22.000 menjadi Rp38.000 per kilogramnya. Kemudian cabai rawit Rp32.000 dari sebelumnya Rp25.000 per kilogram. Sementara harga bawang putih, tomat, telur, minyak goreng dan sejumlah bahan pokok lain relatif stabil.

“Kami harap harga ini tetap stabil, namun juga petani maupun peternak tetap bisa memeroleh keuntungan,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memastikan akan menindak tegas jika ada spekulan yang memanfaatkan suasana menjelang nataru, seperti menimbun stok maupun menaikkan harga.

“Sampai saat memang belum ada indikasi spekulan dan kami harap stabilitas harga bahan kebutuhan tetap terjaga,” ujar Kapolda.

Editor : Donald Karouw