Sekdaprov Sumut Ingatkan Arah Pembangunan Harus Perhatikan Revolusi Industri 4.0

Stepanus Purba · Kamis, 13 Februari 2020 - 20:11 WIB
Sekdaprov Sumut Ingatkan Arah Pembangunan Harus Perhatikan Revolusi Industri 4.0
Sekdaprov Sumut R Sabrina. (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.id – Sekdaprov Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina mengungkapkan, penyusunan perencanaan pembangunan daerah harus mempertimbangkan perkembangan revolusi industri 4.0, seperti halnya para pelaku startup. Sehingga apa yang menjadi program pembangunan dapat direalisasikan sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat.

“Kita harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, seperti sekarang ini revolusi industri 4.0 harus diikuti juga,” ujarnya dalam Rakor Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumut Bidang Ekonomi, Kemaritiman dan Sumber Daya Alam (SDA) di Medan, Rabu (12/2/2020).

Selain itu, penyusunan perencanaan juga harus berdasarkan potensi yang ada di daerah. Harus mamapu mengakomodir dan memanfaatkan seluruh potensi yang ada di daerah untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan masyarakat memiliki kemampuan secara mandiri untuk memanfaatkan potensi daerah dalam memenuhi kebutuhan hidup,” katanya.

Sabrina juga mengapresiasi pelaksanaan rakor tersebut karena dinilainya penting dalam upaya percepatan pembangunan mewujudkan Sumut yang maju, aman dan bermartabat, sebagaimana visi-misi Pemprov Sumut.

Kasubbid Keuangan, Investasi dan Aset Bappeda Sumut Rahmad Ziadi menjelaskan, kegiatan ini akan menjadi masukan untuk perencanaan pembangunan. Khususnya pada bidang ekonomi, kemaritiman dan SDA. Rakor ini juga bertujuan untuk mendapatkan dukungan antarlintas sektor serta mengidentifikasi kesiapan rancangan program pembangunan di Sumut.

“Pesertanya instansi vertikal yang merupakan perpanjangan tangan kementerian dan lembaga yang ada di Sumut, organisasi perangkat daerah di bawah naungan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumut bidang perencana ekonomi, kemaritiman dan sumber daya alam,” kata Rahmad.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Wiwiek Sisto Widayat dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut Syech Suhaimi.


Editor : Donald Karouw