Siswa SMP di Tobasa Unjuk Rasa Tuntut Ganti Kepala Sekolah

Andrey Simatupang ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 08:58 WIB
Siswa SMP di Tobasa Unjuk Rasa Tuntut Ganti Kepala Sekolah
Pelajar SMP di Tobasa saat demo minta kepala sekolah diganti. (Foto: iNews/Andrey Simatupang)

TOBASA, iNews.id – Siswa SMP Negeri 1 Parmaksian di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berunjuk rasa di kantor kecamatan setempat. Para pelajar ini meminta agar oknum kepala sekolah mereka diganti.

Pantauan iNews, puluhan siswa dan siswi ini berdatangan ke Kantor Kecamatan Parmaksian yang sedang berlangsung reses anggota DPRD Kabupaten Tobasa, Selasa (4/2/2020). Mereka membawa berbagai karton bertuliskan tuntutan dan kekecewaan atas kepemimpinan kepala sekolah.

Beberapa tulisan berisi ‘Tolong Ganti Kepala Sekolah, Kami Ingin Sekolah Kami Lebih Baik, Tangannya Terlalu Kasar, Jangan Katakan Ibuku L** serta beberapa aspirasi lainnya. Aksi tuntutan siswa ini karena menilai oknum kepala sekolah tersebut kerap merendahkan derajat orang tua mereka dan para guru.

“Kepala sekolah di sini tidak ada antusias, kurang peduli dan tak punya tata krama etika dalam mendidik anak-anak kami. Kami tidak memintanya dipecat, kami hanya mohon diganti. Ini demi anak-anak kami juga,” ujar anggota Komite Sekolah Reni Anita Sitorus, Selasa (4/2/2020).

Sementara itu, anggota DPRD Tobasa Fauzi Sirait yang menerima aspirasi ini mengaku akan menindaklanjuti aspirasi para pelajar tersebut.

“Kami mendorong agar pendidikan dapat berjalan baik. Karena itu atas kejadian ini, kami minta dinas pendidikan segera mengambil sikap untuk mengembalikan kesejukan proses belajar mengajar agar tak terganggu,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw