Sumut Siapkan Regulasi Tambahan bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Antara ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 19:28 WIB
Sumut Siapkan Regulasi Tambahan bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19
Juru Bicara Covid-19 Sumut Whiko Irwan. (Foto: Dok.Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyiapkan tambahan regulasi terkait penanganan dan protokol kesehatan Covid-19. Hal ini menyusul kasus infeksi virus corona yang terus mengalami peningkatan.

"Pemprov Sumut sedang menyusun regulasi dan konsep untuk penerapan normal baru. Pada pelaksanaannya nanti, harapannya selain bisa melaksanakan kehidupan sehari-hari, kami juga tetap harus melaksanakan protokol kesehatan," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut Whiko Irwan, Kamis (25/6/2020).

Regulasi tambahan ini difokuskan untuk mendisiplinkan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Selain itu, akan diberlakukan sanksi administrasi bagi masyarakat yang melanggar atau tidak melaksanakan protokol kesehatan.

"Akan dibuat regulasi untuk orang-orang atau tempat, instansi, mal dan pasar yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19. Apa yang akan dilakukan nanti, tunggu saja," ujarnya.

Berdasarkan data terbaru gugus tugas, kasus Covid-19 di Sumut mencapai 1.356 orang. Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 199 orang, ODP berjumlah 866 orang. Sementara untuk pasien sembuh 273 orang dan 80 meninggal dunia.


Editor : Donald Karouw