Sungai Bangkatan Meluap, Puluhan Rumah Warga di Binjai Terendam

Muhamad Zainal Tanjung ยท Kamis, 30 April 2020 - 10:52 WIB
Sungai Bangkatan Meluap, Puluhan Rumah Warga di Binjai Terendam
Foto : Luapan sungai Bangkatan yang menggenangi rumah warga di Jalan Jambi, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Kamis (30/4/2020) pagi. (Foto :iNews/ Muhammad Zainal Tanjung)

BINJAI, iNews.id- Hujan deras yang melanda Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut), menyebabkan Sungai Bangkatan meluap, Kamis (30/4/2020). Akibatnya, puluhan rumah warga yang berada di Jalan Jambi, Kecamatan Binjai Selatan, terendam air.

Informasi diperoleh iNews.id dari warga, air Sungai Bangkatan tersebut meluap dan memasuki rumah warga sekitar pukul 03.00 WIB. Ketinggian air yang mencapai 80 sentimeter (cm) menyebabkan warga harus mengevakuasi barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

"Tadi masuk ke rumah warga sekitar jam 3 pagi. Ketinggian air saat masuk itu sekitara 80-100 cm," kata salah seorang warga yang rumahnya terendam air, Edi Nasution, Kamis (30/4/2020).

Edi  mengatakan, banjir kerap melanda wilayah mereka setiap hujan deras. Warga berharap pemerintah daerah untuk memberikan perhatian serius mengatasi banjir musiman ini.

"Kalau hujan deras selama beberapa hari, maka Sungai Bangkatan meluap karena tidak mampu menahan debit air," ucapnya.

Saat ini, Sungai Bangkatan juga mengalami pendangkalan. Kondisi ini membuat air sungai meluap jika hujan turun dengan intensitas tinggi di Kota Medan.

"Kami sudah berulang kali juga meminta kepada Pemko Binjai untuk segera menormalisasi Sungai Bangkatan. Hal ini agar air tidak meluap sampai ke rumah warga," katanya.

Namun hingga saat ini, permintaan warga untuk menormalisasi Sungai Bangkatan belum direalisasikan oleh Pemko Binjai. Warga pun harus selalu waswas setiap hujan turun.


Editor : Stepanus Purba