Sungai Deli Meluap, Warga Berjaga sampai Pagi karena Takut Banjir

Rusli HR ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 00:45:00 WIB
Sungai Deli Meluap, Warga Berjaga sampai Pagi karena Takut Banjir
Sungai Deli di Medan meluap. (Foto: iNews/Rusli HR).

MEDAN, iNews.id - Warga di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), mengkhawatirkan kenaikan debit Sungai Deli. Informasi tersebut disampaikan pengurus masjid lewat pengeras suara.

Warga di Lingkungan Enam, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, geger saat mendengar informasi soal naiknya debit sungai. Mereka takut air meluap dan menyebabkan banjir.

Warga, Bachtiar Efendi mengatakan, air mulai tinggi sekitar pukul 03.00 WIB. Lalu diumumkan ke masjid agar warga bersiap-siap karena tinggi air sudah mengkhawatirkan.

Informasi dari Masjid Al Osmani itu membuat warga berjaga-jaga hingga Selasa (12/1/2021) pagi hari, karena debit air sungai dipastikan sudah semakin tinggi.

Warga kemudian bergotong royong menimbun tanggul Sungai Deli dengan pasir, sehingga air tak sampai membanjiri permukiman mereka saat hujan deras nanti.

"Jadi kami inisiatif untuk timbun tanggul untuk sementara," kata Bachtiar di Kota Medan, Sumut, Selasa.

Saat ini masyarakat di sekitar Sungai Deli berharap pemerintah daerah dapat memperbaiki tanggul-tanggul yang ada. Sebab banjir sewaktu-waktu bisa merendam permukiman warga saat hujan deras.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal