Tangkap 7 Kurir Narkoba, BNNP Sumut Amankan 8 Kg Sabu dari Malaysia

Stepanus Purba ยท Rabu, 20 Maret 2019 - 19:10 WIB
Tangkap 7 Kurir Narkoba, BNNP Sumut Amankan 8 Kg Sabu dari Malaysia
Kepala BNNP Sumatera Utara, Brigjen Pol Atrial (tiga kiri) menunjukkan barang bukti 8 kg sabu dari Malaysia yang hendak diedarkan tujuh kurir narkoba jaringan internasional ke Kabupaten Karo. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara menggagalkan peredaran 8 kilogram (kg) narkoba jenis sabu dari Malaysia yang hendak diedarkan ke Kabupaten Karo.

Petugas kemudian menangkap tujuh orang yang diduga sebagai kurir narkoba jaringan internasional. Ketujuh kurir tersebut adalah KML (50), HU (42), P (40), ESG (46), AHS (34), M (34), dan TH.

Kepala BNNP Sumatera Utara, Brigjen Pol Atrial mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, narkoba ini rencanya dibawa tujuh tersangka ke Tanah Karo. "Oleh mereka, sabu ini akan dibawa ke Tanah Karo dengan menggunakan tas olahraga," kata Atrial, Rabu (20/3/2019).

Dia menjelaskan, perintah membawa 8 kg sabu diterima para kurir dari seorang tersangka berinisial TH. "Jadi ini perintah TH alias Boy. Sebelumnya dia berkomunikasi dengan seorang bandar narkoba di Malaysia," ujar Atrial.

Untuk mengamankan transportasi para kurir ini, Atrial mengungkapkan, disediakan tersangka berinisial ESG. "Untuk sarana transportasi dikendalikan oleh ESG dengan menggunakan jalur laut dari Malaysia, selanjutnya menuju Tanjung Balai dan seterusnya menuju Kabupaten Karo," ucapnya.

Selain mengamankan 8 kg sabu, petugas BNN juga mengamanka sejumlah barang bukti lainnya berupa dua unit sepeda motor, 11 unit handphone (HP), dua tas jinjing, sampan, dan uang tunai sebesar Rp2,1 juta.


Editor : Kastolani Marzuki