Terima 4 Pasien Rujukan, RSUP H Adam Malik: Belum Ada Suspect Virus Korona

Ahmad Ridwan Nasution ยท Kamis, 05 Maret 2020 - 12:50 WIB
Terima 4 Pasien Rujukan, RSUP H Adam Malik: Belum Ada Suspect Virus Korona
Koordinator Penanganan Covid-19 RSUP H Adam Malik Ade Rahmaini saat memberikan pernyataan pers soal penanganan virus korona. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik menyatakan sampai saat ini belum ada pasien suspect virus korona atau Covid-19 yang menjalani perawatan. Kendati demikian, sejauh ini sudah menerima empat pasien rujukan.

Koordinator Penanganan Covid-19 RSUP H Adam Malik Ade Rahmaini mengatakan, sebagai salah satu rumah sakit (RS) rujukan untuk penanganan virus korona di Sumatera Utara, belum satu pun ada kasus pasien yang positif.

“Ada empat kasus yang masuk, pasien rujukan ke RSUP H Adam Malik. Kami periksa intensif, tiga sudah dipulangkan dan satu dalam pemantauan,” ujar Ade di Kota Medan, Kamis (5/3/2020).

Hal ini sekaligus membantah kabar yang sebelumnya menyebut ada pasien suspect korona dirujuk ke RSUP H Adam Malik. Faktanya, ada pasien yang memiliki gejala batuk dan riwayat kontak dengan WNA Singapura. Namun hasil pemeriksaan, pasien ini dikategorikan orang dalam pengawasan (ODP).

Sementara tiga pasien lain yang juga sempat dirujuk dinyatakan hanya menderita demam biasa. Mereka telah dipulangkan ke rumah masing-masing dan tak diberlakukan pemantauan.

Ade mengimbau warga agar tidak panik namun tetap waspada. Dia menganjurkan untk paling utama yakni menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Diketahui, sejak Januari, RSUP H Adam Malik telah membentuk tim khusus penyakit infeksi new emerging dan re-emerging (Pinere) untuk penanganan korona. Tim ini terdiri atas dokter, perawat dan petugas laboratorium yang berjumlah 20 orang. Selain itu juga telah disiapkan 11 ruang isolasi untuk pasien diduga suspect korona di Gedung Rawat Infeksius.


Editor : Donald Karouw