Tertinggi di Asia, Masjid Agung Mus Idishah Medan Bisa Difungsikan Mulai Ramadan

Stepanus Purba ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 04:30 WIB
Tertinggi di Asia, Masjid Agung Mus Idishah Medan Bisa Difungsikan Mulai Ramadan
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meninjau pembangunan Masjid Agung Mus Idishah Medan. (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.idMasjid Agung Mus Idishah yang dibangun di tepat di sisi Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut) direncanakan sudah bisa difungsikan untuk salat saat Ramadan. Saat ini, proses pembangunan masjid tiga lantai itu sudah mencapai 70 persen.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan, pembangunan masjid tersebut tidak menemui kendala berarti. “Alhamdulillah, pembangunan berjalan lancar sesuai dengan harapan kita. Tak sepenuhnya rampung, masih 60 sampai 70 persen. Tetapi bulan April sudah bisa mulai kita fungsikan untuk Shalat Tarawih pada Bulan Ramadhan nanti,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi di sela-sela meninjau pembangunan masjid tersebut, Rabu (19/2/2020). 

Edy Rahmayadi menyebut akhir tahun 2020 diperkirakan pembangunan masjid sudah rampung hingga 90% dan bisa dipakai sepenuhnya. “Hanya perlu ditindaklanjuti dengan tindakan finishing atau pelengkap lainnya, seperti menara, tempat parkir, area kuliner, taman dan lainnya,” tutur Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung Sumatera Utara itu.

Edy berkeliling sembari menyapa para pekerja. Antusias dan bersemangat, para pekerja menyambut hangat kehadiran gubernur. Beberapa di antaranya bahkan mengajak untuk berswafoto. Dengan ramah, Edy pun melayani permintaan tersebut dan memberikan kata-kata semangat untuk para pekerja.

“Kerjakan dengan baik dan benar, mudah-mudahan pembangunan akan terus lancar sesuai dengan harapan kita semua,” ucap Edy. 

Diketahui, pembangunan Masjid Agung telah mulai sejak tahun 2017. Dengan pembangunan yang dilakukan, Masjid Agung dapat menampung sekitar 10.000 jemaah, sedangkan saat ini hanya bisa menampung 1.200 jamaah. Selain itu masjid ini nantinya juga akan dilengkapi dengan menara setinggi 199 meter, menjadikan Masjid Agung sebagai salah satu masjid dengan menara tertinggi di Asia.


Editor : Kastolani Marzuki