Tiket Kereta H-2 dan H+2 Jurusan Medan dan Sekitarnya Ludes Terjual

Stepanus Purba · Selasa, 29 Mei 2018 - 16:17:00 WIB
Tiket Kereta H-2 dan H+2 Jurusan Medan dan Sekitarnya Ludes Terjual
Ilustrasi. (Foto: Sindonews)

MEDAN, iNews.id – Masyarakat yang menggunakan jasa transportasi kereta api pada mudik Lebaran 2018 di Medan, Sumatera Utara, meningkat. Hal itu terlihat dengan tingginya animo warga yang telah lebih dahulu memesan tiket untuk jadwal keberangkatan pada pra dan pascalebaran.

General Manajer PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara Sapto Haryono mengatakan, tiket kereta api untuk kelas ekonomi jurusan Medan-Tanjungbalai saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 sudah ludes terjual atau full booking terpesan oleh calon penumpang.

“Tiket kereta api menuju Tanjung Balai baik H-2 dan H+2 lebaran sudah habis terjual,” kata Sapto, Selasa (29/5/2018).

Kondisi yang sama juga terjadi saat arus balik. Kereta api jurusan Tanjungbalai-Medan juga telah terpesan penuh pada tanggal keberangkatan 17 Juni hingga 20 Juni 2018.

Setali tiga uang, untuk sejumlah rute lainnya juga mengalami kondisi yang sama. Semisal jurusan Medan-Pematangsiantar yang sudah full booking pada arus mudik dan arus balik, dengan tanggal keberangkatan 13 hingga 16 Juni 2018. “Tiket tersisa tinggal untuk kelas bisnis dan eksekutif,” ujarnya.

Sementara jurusan keberangkatan dan kedatangan yang relatif masih terjaga dan belum seluruhnya terpesan yakni jurusan Medan-Kisaran, dan Medan-Rantau Prapat. Sapto mengingatkan, kepada seluruh calon penumpang kereta api agar memesan tiket jauh hari karena adanya keterbatasan kursi.

“Kami imbau calon penumpang menghilangkan kebiasaan lama memesan tiket saat akhir agar tidak panik ketika kehabisan tiket. Terlebih saat ini pemesanan tiket dapat dilakukan dengan sistem online , melalui aplikasi KAI Access ataupun pihak eksternal yang bekerja sama dengan PT KAI,” kata Sapto.

Dia melanjutkan, PT KAI memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan jasa kereta api pada 2018 mengalami lonjakan sekitar 2% dari jumlah pemudik pada 2017, yang totalnya sebanyak 282.330 pemudik. “Untuk tahun ini PT KAI sudah mempersiapkan tiket sebanyak 286.621 dengan tambahan 1 gerbong dikelas eksekutif, 4 gerbong di kelas ekonomi, dan 2 gerbong untuk kelas bisnis,” tuturnya.

Editor : Donald Karouw