Tim Jibom Ledakkan Bom Rakitan Milik 2 Terduga Teroris di Tanjungbalai

Ulil Amri ยท Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:03 WIB
Tim Jibom Ledakkan Bom Rakitan Milik 2 Terduga Teroris di Tanjungbalai
Petugas Jibom Polda Sumut bersiap-siap meledakkan bom rakitan yang diamankan dari dua terduga teroris di samping Mapolsek Teluk Nibung, Jumat pagi (19/10/2018). (Foto: iNews/Ulil Amri)

TANJUNGBALAI, iNews.id – Pascapenangkapan dua terduga teroris di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut), tim Penjinak Bom (Jibom) Polda Sumut melakukan sterilisasi di TKP. Petugas juga meledakkan bom rakitan milik terduga teroris di samping Mapolsek Teluk Nibung, Jumat pagi (19/10/2018).

Dari pantauan iNews, Jumat pagi, petugas Jibom yang mengenakan pakaian khusus berwarna hijau, membawa sebuah tas berisi bom rakitan ke halaman di samping Mapolsek Teluk Nibung. Sebelum meledakkan bom, petugas mengingatkan warga sekita agar tidak mendekati lokasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Bom rakitan diledakkan petugas Jibom Polda Sumut di samping Mapolsek Teluk Nibung, Jumat (19/10/2018). (Foto: iNews/Ulil Amri) 


Petugas dengan sangat berhati-hati kemudian meletakkan tas berisi bom rakitan di tanah berumput dan peralatan untuk meledakkan bom. Setelah petugas memberi aba-aba hitungan mundur, 4, 3,2,1, 0, bom itu langsung diledakkan.

Suara ledakan keras pun terdengar bersama dengan serpihan-serpihan yang berhamburan saat bom meledak, termasuk potongan besi. Setelah memastikan kondisi aman, petugas tersebut memberikan tanda jempol kepada para petugas lain yang berada di lokasi.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai mengatakan, peledakan bom rakitan yang ditemukan di lokasi penangkapan dua terduga teroris sengaja dilakukan hari ini karena kondisi tadi malam yang sudah gelap dinilai tidak memungkinkan. Selain itu, lokasi peledakan bom juga sengaja dipilih di samping Mapolsek Teluk Nibung karena dinilai lebih aman dan jauh dari permukiman warga. 

“Kami melakukan peledakan bom rakitan hari ini karena tadi malam cuaca hujan dan gelap. Tadi malam juga kondisi tidak memungkinkan. Kami pilih lokasi di dekat Mapolsek Teluk Nibung ini karena lebih aman,” kata Irfan Rifai.

Petugas Jibom Polda Sumut mengacungkan jempol sebagai tanda bahwa bom sudah selesai diledakkan dan kondisi telah aman. (Foto: iNews/Ulil Amri)


Bom rakitan itu ditemukan Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri saat menangkap dua terduga teroris. Bom rakitan itu diduga siap untuk diledakkan.

Setelah peledakan bom rakitan, hingga Jumat siang, petugas Kepolisian Resor Tanjungbalai dibantu Satuan Brimob Polda Sumut masih terlihat berjaga di lokasi tempat penangkapan terduga teroris untuk mensterilkan lokasi.


Editor : Maria Christina