Tingkatkan Mitigasi Bencana, BPBD Sumut dan Medan Susuri Sungai Deli

Stepanus Purba ยท Jumat, 15 Februari 2019 - 18:06 WIB
Tingkatkan Mitigasi Bencana, BPBD Sumut dan Medan Susuri Sungai Deli
Personel BPBD Sumut dan Kota Medan saat survei dengan menyusuri Sungai Deli menggunakan perahu karet. (Foto: iNews/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Peningkatan pengetahuan mitigasi bencana terus diperkuat Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) dan Kota Medan. Mereka berkolaborasi menggelar survei dengan menyusuri Sungai Deli dan Babura, Jumat (15/2/2019).

Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pengendalian tata ruang dalam mitigasi bencana. Selain itu juga untuk melihat potensi ekonomi pinggir sungai yang dapat dijadikan taman edukasi bencana.

“Mitigasi ini merupakan bagian dari sekolah sungai untuk lebih mengenal medan ataupun wilayah yang menjadi tugas personel kami,” ujar Riadil, Jumat (15/2/2019).

Dia menjelaskan, personel akan mempelajari sisi kiri kanan Sungai Deli. Seperti ancaman yang ada di lokasi, baik di permukiman atau pun lahan-lahan pertanian masyarakat.

“Ke depan kami ingin memanfaatkan kiri kanan sungai sebagai pusat edukasi kepada masyarakat. Edukasinya ini juga untuk mendongkrak ekonomi rakyat,” katanya.

Riadil turut menyampaikan gagasan ini terinspirasi dari Go River di Avros, yang memanfaatkan tempat-tempat di daerah aliran sungai (DAS) sebagai taman pusat edukasi kebencanaan.

Titik awal penyusuran Sungai Deli dilakukan di Jalan Perdana, Kecamatan Medan Barat dan berakhir di Gang Rakit, Tanjung Mulai, Kecamatan Medan Deli. Penyusuran Sungai diikuti langsung oleh Kepala BPBD Sumut dan Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, serta sejumlah ASN dan Satuan Gugus Tugas (Satgas), dengan menggunakan perahu karet.


Editor : Donald Karouw