Tinjau RSUD Sidikalang, Edy Rahmayadi Sebut Dairi Siap Hadapi Corona

Stepanus Purba ยท Selasa, 21 April 2020 - 21:12:00 WIB
Tinjau RSUD Sidikalang, Edy Rahmayadi Sebut Dairi Siap Hadapi Corona
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Edy Rahmayadi meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang yang disiapkan jadi rujukan pasien Covid-19, Selasa (21/4/2020). Dia menyampaikan pesan agar petugas kesehatan menjalankan protokol penanganan Covid-19 dengan benar sehingga baik tenaga medis maupun pasien bisa sama-sama sehat.

Kehadiran gubernur sekaligus mengecek fasilitas dan rujukan RS tersebut. Hal itu untuk memastikan kesiapan penanganan Covid-19 tim Gugus Tugas Covid-19 Dairi.

Pengecekan dimulai dari ruang instalasi gawat darurat (IGD) hingga ruang isolasi khusus Covid-19 (ruang VIP). Termasuk juga melihat sejauh mana standar penanganan petugas medis.

Edy menyebut Dairi sudah siap menghadapi corona. Namun dia menegaskan tidak ingin ada tenaga medis menjadi korban karena bekerja merawat pasien terindikasi terpapar Covid-19.

“Lakukan protokol penanganan Covid-19 yang sesuai dengan standar kesehatan yang dianjurkan Gugus Tugas sehingga kita semua sama-sama sehat, baik medis dan pasien,” katanya.

Gubernur didampingi Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu juga memberikan panduan khusus dan langsung kepada petugas RSUD Sidikalang dengan cara membuat simulasi penanganan pasien terpapar Covid-19.

Edy menjelaskan beberapa tahapan penanganan pasien harus dilakukan sesuai standar. Seperti identifikasi singkat melalui pemeriksaan gejala yang dialami pasien, melakukan rapid test jika memang teridentifikasi sampai memastikan keamanan diri menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sesuai peruntukannya.

Atas kesiapan para medis, Edy memberikan apresiasi kepada pihak RS. Di antaranya ruang isolasi bertekanan negatif dilengkapi ventilator. Begitu juga posisinya terpisah dengan ruang IGD sehingga jalur evakuasi juga berbeda dengan kondisi kesigapan petugas menggunakan APD yang memadai.


Editor : Donald Karouw