Gerak-Gerik Mencurigakan, TNI Gadungan di Medan Ditangkap Polisi

Stepanus Purba ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 13:21:00 WIB
Gerak-Gerik Mencurigakan, TNI Gadungan di Medan Ditangkap Polisi
Muslianto, TNI gadungan saat diamankan di Mapolrestabes Medan. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Personel Sat Reskrim Polrestabes Medan menangkap pria paruh baya karena menyamar sebagai TNI di Jalan Luku, Kelurahan Kuala Bekala, Medan Johor, Kamis (30/7/2020). Pria yang berinisial Muslianto (52) pertama kali diamankan seorang warga yang bernama Hotman Purba karena curiga melihat gerak-geriknya.

Kanit Jahtanras Polrestabes Medan, Iptu Ardian Yunnan Saputra mengatakan, pelaku diamankan setelah seorang warga curiga melihatnya menggunakan seragam TNI lengkap saat melintas di Jalan Luku. Warga tersebut kemudian mengamankan pelaku dan membawanya ke Koramil 05/MB.

"Saat diperiksa, Muslianto diketahui bukan merupakan personel TNI," kata Yunnan, Sabtu (1/8/2020).

Setelah kedoknya terbongkar, Muslianto kemudian digeledah oleh petugas. Hasilnya, pelaku membawa senjata air softgun dan satu unit sangkur. Tak hanya itu, pelaku juga menggunakan KTP, SIM dan KK palsu.

"Dari tangan pelaku, didapati juga empat potong baju dinas TNI, tiga celana dinas, satu baret, dua kaos, dan sepasang sepatu PDL," ucapnya.

Setelah memastikan Muslianto bukan personel TNI, petugas Koramil 05/MB selanjuntya menyerahkannya ke Polrestabes Medan untuk diperiksa lebih lanjut. Kepada petugas, pelaku mengaku nekat menyamar menjadi anggota TNI agar terlihat gagah.

“Jadi pelaku ini mengaku memakai seragam TNI hanya untuk gagahan saja, supaya disegani orang lain. Pelaku saat ini sudah kita tahan berikut barang bukti yang dimilikinya,” katanya.

Soal apakah pelaku pernah melakukan aksi perampokan dengan senjata yang dimiliki, Yunnan mengatakan masih mendalaminya.

“Masih kita dalami apakah pelaku pernah terlibat aksi perampokan atau tidak,” ucapnya.


Editor : Stepanus Purba