Ulama Pematangsiantar Laporkan Kasus Jenazah Perempuan Dimandikan 4 Laki-Laki

Dharma Setiawan ยท Kamis, 24 September 2020 - 11:25 WIB
Ulama Pematangsiantar Laporkan Kasus Jenazah Perempuan Dimandikan 4 Laki-Laki
Perwakilan ulama Pematangsiantar saat melaporkan kasus jenazah perempuan dimandikan 4 laki-laki di RSUD Pematangsiantar, Rabu (23/9/2020). (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id - Puluhan ulama di Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) mendatangi Polres Kota Pematangsiantar, Rabu (24/9/2020). Mereka melaporkan kasus jenazah perempuan yang dimandikan empat orang pria di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih.

Kepada petugas, ulama mengatakan prosesi pelaksanaan terhadap jenazah perempuan bernama Zakiah di RSUD Djasamen Saragih tidak sesuai dengan syariat Islam. Sesuai dengan aturan syariat Islam, jenazah seorang perempuan dilarang dimandikan oleh laki-laki yang bukan muhrimnya. Apalagi, dari empat laki-laki yang memandikan jenazah tersebut, dua di antaranya merupakan pria nonmuslim.

"Setelah mendengar kronologi dari suami almarhum, kami sepakat akan membawa kasus ini ke proses hukum," kata Muslimin Akbar di Polres Pematangsiantar.

Muslimin mengatakan kasus ini dilaporkan dengan aduan perbuatan tidak menyenangkan. Terkait dengan adanya dugaan pelanggaran hukum lain, tim kuasa hukum dari keluarga korban akan melakukan kajian lebih mendalam.

"Kami sudah bersepakat untuk membawa ini ke ranah hukum. Saat ini kami melengkapi berkas laporan serta berkoordinasi dengan pihak Polres Pematangsiantar terkait laporan ini," ujarnya,

Muslimin mengatakan petugas yang memandikan sempat memfoto mayat Zakiah sebagaimana pengakuan suaminya. Namun, sejauh ini pihaknya masih menelusuri apakah foto tersebut tersebar atau tidak.


"Kalau difoto itu (jasad korban) benar. Namun, apakah benar menyebar di media sosial, kami akan meminta pendapat ahli untuk memastikannya. Kalau menurut ahli menyebar, kita akan ambil langkah hukum," ucapnya.

Diketahui, kasus ini berawal dari pengakuan Fauzi Munthe yang viral di media sosial. Dalam video tersebut, Fauzi mengaku istrinya Zakiah yang meninggal di RSUD Djasamen Saragih dimandikan oleh empat orang laki-laki yang bukan muhrimnya.

Video ini kemudian ditanggapi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pemantangsiantar dengan memanggil pihak RSUD Djasamen Saragih. Kepada MUI, pihak RSUD Djasamen Saragih kemudian memberikan klarifikasi dan meminta maaf kepada umat muslim Kota Pematangsiantar.


Editor : Stepanus Purba