Untung Ginting Gantung Diri Sehari Jelang Pernikahan, Keluarga: Tuhan Punya Jalan Lain

Stepanus Purba ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 22:38 WIB
Untung Ginting Gantung Diri Sehari Jelang Pernikahan, Keluarga: Tuhan Punya Jalan Lain
Suasana di rumah duka Untung Ginting di Dusun IV, Desa Namoriam, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, Sumut, Kamis (20/2/2020). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Aksi nekat Untung Ginting (31), yang gantung diri sehari jelang pernikahannya menyisakan duka mendalam bagi keluarga. Keluarga hanya bisa pasrah melihat seluruh persiapan pesta pernikahan Untung kini berganti menjadi upacara pemakaman.

Dari pantauan iNews di rumah duka, Desa Namoriam, Kecamatan Pancur Batu, Deliserdang, berbagai persiapan telah dilakukan menjelang pesta pernikahan Untung. Beras, kelapa, dan beberapa jenis bumbu-bumbu masakan, sudah disiapkan di depan rumah.

“Tuhan mungkin punya jalan lain terhadap dia,” kata Lusin Gurusinga, paman Untung, saat ditemui di rumah duka, Kamis (20/2/2020).

Lusin mengungkapkan, Untung bekerja sebagai buruh di pabrik gas yang tak jauh dari tempat tinggal mereka. Dia juga dikenal anak yang baik dan tidak suka membuat masalah.

Bulan Januari lalu, dia mengutarakan niatnya untuk menikah dengan sang kekasih Ayu Apriani. Keluarga menyambut baik rencana Untung. Mereka segera mempersiapkan seluruh keperluan pernikahan yang rencananya dilangsungkan pada Kamis (20/2/2020) hari ini hingga Jumat (21/2/2020).

Namun malang, saat semua persiapan menyambut pernikahan sudah dilakukan, Untung ditemukan tewas gantung diri. Kejadian ini membuat keluarga besar syok. Mereka tidak pernah menyangka Untung akan senekat itu mengakhiri hidupnya.

Sepengetahuan Lusin yang dekat dengan keponakannya itu, Untung juga tidak punya masalah berat sehingga bisa memicu perbuatan senekat itu. Dia sering mengingatkan Untung agar tidak segan bercerita kepadanya jika sedang ada masalah.

“Saya sering tanya ada masalah, kalau takut bilang sama bapak tengah, bilang sama saya. Udah sering kami deal kalau ada apa-apa cerita ke saya. Cuma itu yang bisa saya utarakan, kalau mengingat dirinya ini,” ucapnya.

Belakangan diketahui Untung cekcok dengan sang calon istri, saat mereka bertemu. Keluarga menduga, permasalahan itu menjadi beban bagi Untung. Namun tak ada yang pernah menyangka, sosok Untung yang dikenal baik di keluarga dan lingkungan itu nekat bunuh diri.

Untung merupakan anak tunggal. Ayahnya sudah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Sejak kecil, Untung dirawat oleh saudara laki-laki ayahnya yang dipanggil bapak tengah.

Saat ini, jenazah Untung masih disemayamkan di rumah duka di Desa Namoriam, Kecamatan Pancur Batu, Deliserdang. Keluarga akan memakamkan Untung besok, setelah menjalani prosesi adat Karo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Untung Ginting (31), warga Dusun IV, Desa Namoriam, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, ditemukan tewas, Rabu (19/2/2020). Jenazahnya ditemukan tergantung di perladangan Lau Lembu, Dusun V, Desa Pertampilen, Kecamatan Pancurbatu.


Editor : Maria Christina