Video Preman Palak Pedagang Jeruk di Kota Medan Viral di Medsos

Stepanus Purba ยท Selasa, 21 September 2021 - 11:45:00 WIB
Video Preman Palak Pedagang Jeruk di Kota Medan Viral di Medsos
Cuplikan video seorang laki-laki meminta sejumlah uang kepada pedagang jeruk di Pasar Martubung, Kota Medan. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Aksi premanisme berupa pungutan liar (pungli) di Kota Medan kembali viral di media sosial. Kali ini, aksi pungli tersebut menimpa seorang pedagang jeruk yang berjualan di seputaran Pasar Martubung Kota Medan. 

Video pemerasan tersebut pertama kali diunggah di akun Facebook oleh warganet. Dalam keterangan, penggunggah menuliskan pelaku meminta sejumlah uang kepada mereka setiap harinya sebesar Rp10.000. 

"Terjadi pungutan liar (pungli) di Pajak Martubung. Kami herankan karena istrinya sudah mengutip sebesar Rp12.000. Setelah itu, datang suaminya minta lagi Rp10.000 setiap hari. Tolong di share biar tidak ada lagi pungli yang merajarela," tulisnya. 

Dalam video yang diunggah, terlihat preman tersebut meminta sejumlah uang kepada pedagang jeruk. Selain itu, dia juga meminta sejumlah dokumen kepada pedagang berupa kartu keluarga hingga kartu tanda penduduk (KTP). 

"Besok suruh dia (pemilik dagangan) bawa KTP sama KK, kalau mau jualan," ujar pria tersebut dengan raut wajah sangar.

Tak lama berselang, preman yang memakai kaos hitam ini kembali datang. Pedagang jeruk tersebut tak bisa memenuhi permintaan preman.

"Namanya aku pekerja bang," ucapnya pedagang jeruk tersebut. 

Mendengar hal itu, preman langsung meminta agar pemilik dagangan segera menjumpainya.

Sontak adanya video ini seketika menjadi viral di media sosial. 

"Kenapa kita sering lihat kejadian begini? Karena begitu viral, preman nya ditangkap, setelah itu, didata, direkam disuruh minta maaf dan pake materai, selesai, premannya pulang, besok lusa ngulah lagi. Ga ada efek jera sama sekali," tulis salah seorang warganet di kolom komentar.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: