Warga Labura Dilarang Gelar Pesta Pernikahan hingga 20 Juni Mendatang

Antara ยท Rabu, 09 Juni 2021 - 10:20:00 WIB
Warga Labura Dilarang Gelar Pesta Pernikahan hingga 20 Juni Mendatang
Ilustrasi pernikahan. (Foto Fox News)

LABURA, iNews.id - Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara dilarang menggelar acara pesta pernikahan dan hajatan yang berpotensi menciptakan kerumunan. Hal ini sesuai Surat Edaran bernomor 470/754/TAPEM/2021 yang diteken Bupati Labura Hendriyanto Sitorus.

Edaran ini dikeluarkan untuk menindaklanjuti Instruksi Gubsu Nomor 188.54/14/INST/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Covid-19 dan Perbup Labura Nomor 33 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Sesuai edaran tersebut, masa berlaku mulai tanggal 7 Juni sejak ditetapkan hingga 20 Juni 2021.

Ada tiga poin dalam SE yang dikeluarkan Bupati Labura tersebut. Pertama, dilarang melaksanakan dan mengadakan segala bentuk pesta, hajatan, resepsi pernikahan dan sejenisnya yang mengundang banyak orang dan menimbulkan kerumunan massa selama 14 hari mulai 7-20 Juni 2021.

"Apabila dalam hal kegiatan, pesta, hajatan, resepsi pernikahan dan sejenisnya yang tidak dapat ditunda harus mendapat rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 Labura," demikian tulis edaran tersebut, dikutip Selasa (8/6/2021).

Kedua, mematuhi prokes dengan melaksanakan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sementara pada poin ketiga menyebutkan, pelanggaran terharap prokes dikenakan sanksi sebagaimana tertuang dalam Perbup Labura Nomor 33 Tahun 2020 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Surat edaran yang ditujukan kepada kepala dinas/badan, direktur RSU Daerah, camat, kepala desa/lurah dan masyarakat umum itu juga ditembuskan kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Labura dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Labura.

Editor : Donald Karouw