Warga Naman Teran Dibayangi Ketakutan Erupsi Gunung Sinabung

Ebenezer Pinem ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 08:45:00 WIB
Warga Naman Teran Dibayangi Ketakutan Erupsi Gunung Sinabung
Erupsi Gunung Sinabung yang terjadi Kamis (13/8/2020) pagi. (Foto: iNews/Ebenezer Pinem)

KARO, iNews.id - Warga Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang berjarak lima kilometer (Km) dari kaki Gunung Sinabung dibayangi ketakutan akan erupsi yang masih kerap terjadi. Erupsi ini membawa hujan abu dan membuat kondisi langit menjadi gelap.

"Kami takutlah, namanya kan kalau sudah meletus semua jadi gelap gulita. Ada lubang sedikit saja di rumah itu abunya masuk ke dalam dan menutupi semuanya jadi tampak hitam semua," ujar Rita Sembiring warga Naman, Kamis (13/8/2020).

Dia berharap bantuan bagi masyarakat terus mengalir, khususnya kebutuhan akan masker saat terjadi erupsi Gunung Sinabung.

"Setiap ada erupsi ada yang menginformasikan kepada kami untuk memakai masker dan pelindung mata agar terhindar dari penyakit yang disebabkan debu vulkanis," katanya.

Diketahui, Gunung Sinabung kembali erupsi pada Kamis (13/8/2020) pukul 06.07 WIB. Berdasarkan pengamatan, kolom abu mencapai ketinggian sekitar 1.000 meter di atas puncak.

BMKG menyebut kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur, tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 15 mm dan durasi sekitar 11 menit 59 detik.

"Hujan abu juga masih terjadi karena masih sering terjadi tremor," ujar petugas PVMBG Pos Gunung Sinabung Muhammad Nurul Assori.

Gunung Sinabung saat ini masih Level III Siaga. Rekomendasi bagi masyarakat di antaranya yakni tidak melaksanan aktivitas di desa yang sudah di relokasi.


Editor : Donald Karouw