Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Banjir dan Tanah Longsor di Sumut

Antara ยท Sabtu, 04 September 2021 - 14:17:00 WIB
Waspada, BMKG Ingatkan Potensi Banjir dan Tanah Longsor di Sumut
Ilustrasi BMKG. (Foto: Dokumen iNews.id)

MEDAN, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengingatkan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sebagian wilayah Sumut, Sabtu (4/9/2021). Kondisi tersebut berpotensi memicu bencana seperti banjir dan tanah longsor

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Martha Manurung mengatakan sebagian wilayah Sumut akan berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang di siang hari. Kawasan tersebut di antaranya Kepulauan Nias, Tapanuli Tengah (Tapteng), Humbanghasundutan, Tapanuli Utara (Taput), Pakpak Bharat, Dairi, Samosir, Karo, Toba, Labuhanbatu, dan sekitarnya.

Sementara itu di sore hingga malam hari hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Sumut. Sedangkan dini hari cuaca akan berawan hingga hujan ringan yang berpotensi terjadi di Langkat, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan.

"Suhu udara 24-31 derajat celsius dengan kelembapan udara 65-98 persen. Sementara itu,angin berembus dari tenggara ke barat dengan kecepatan 10 – 30 km/jam," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba_block

Bagikan Artikel: