Geram, Nelayan Usir Para Penambang Pasir di Pantai Labu

iNews Pagi ยท Rabu, 18 April 2018 - 13:45:00 WIB

DELI SERDANG, iNews.id - Ratusan nelayan mendatangi lokasi penambangan pasir tiga kapal motor yang berada di tengah laut dengan menggunakan kapal tradisional di kawasan Pantai Labu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Setiba di lokasi penambangan, tiga kapal motor yang biasanya beroperasi menambang pasir laut tidak nampak. Sehingga aksi pengusiran urung dilaksanakan.

Para nelayan melakukan aksi tersebut lantaran kesal protes terhadap aktivitas penambangan pasir laut tidak pernah ditanggapi oleh pemerintah setempat.

Seperti diberitakan sebelumnya, aktivitas penambangan pasir laut di kawasan Pantai Labu sudah berlangsung cukup lama. Hampir setiap hari tiga unit kapal penambang beroperasi menambang pasir laut yang digunakan untuk proyek pembangunan Belawan Internasional Container Terminal (BICT) di Belawan.

Aktivitas penambangan pasir laut yang dilakukan secara masif telah berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Selain memicu abrasi di sepanjang bibir pantai, penambangan juga merusak ekosistem laut. Akibatnya nelayan tradisional kesulitan menangkap ikan di sekitar pantai tersebut.

Video Editor: Alvian Surya


Editor : Dani Dahwilani

Bagikan Artikel: